Demo MK, DLH DKI Siagakan Puluhan Personel dan Armada Pembersih

DLH siagakan personel sampai malam

Jakarta, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menerjunkan puluhan personel untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah di sekitar kawasan Jalan Merdeka Barat, M.H Thamrin hingga Jalan Sudirman, Senin (22/4/2024).

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan personel dan armada untuk membersihkan sampah usai demo sidang putusan sengketa pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).  

"Kita telah punya protap rutin untuk menanganinya. Kami pastikan Jakarta akan tetap bersih dan nyaman," ujar Asep dalam keterangan tertulisnya dilansir laman resmi Pemprov DKI, Senin (22/4/2024).

Baca Juga: Wakil Ketua MK Saldi Isra: Sebagian Penjabat Kepala Daerah Tak Netral

1. DLH DKI pastikan Jakarta nyaman

Demo MK, DLH DKI Siagakan Puluhan Personel dan Armada PembersihDLH DKI bentuk Satgas Kali Ciliwung. (dok. DLH)

Dia mengatakan, jajarannya akan langsung bergerak setelah aksi unjuk rasa selesai.

Asep memastikan, seluruh sampah akan dibersihkan meski demo berlangsung hingga malam hari.

"Protap rutin itu kita pastikan Jakara tetap nyaman," katanya.

Baca Juga: Hendak Jadi Imam Salat di Aksi Kawal Putusan MK, Din Syamsudin Ambruk

2. DLH terjunkan 10 armada

Demo MK, DLH DKI Siagakan Puluhan Personel dan Armada PembersihDemonstran membersihkan diri di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha sebelum menunaikan salat zuhur berjemaah, Senin (22/4/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas LH (Sudin LH) Jakarta Pusat, Slamet Riyadi, mengatakan, pihaknya telah menyiagakan 10 unit armada sampah terdiri dari, 3 unit truk sampah anorganik dan 4 unit road sweeper. Lalu 2 unit mini dump truk dan 1 unit lintas panther.

"Total jumlah personel kami siagakan 80 orang. Ini bisa bertambah, disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan nanti," imbuhnya.

Baca Juga: Diduga Copet Digebuki Massa Aksi Kawal Putusan MK di Patung Kuda

3. Demo warnai putusan PHPU di MK

Demo MK, DLH DKI Siagakan Puluhan Personel dan Armada PembersihGedung Mahkamah Konstitusi (IDN Times/Sherlina Purnamasari)

Diketahui, masa pendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melakukan demonstrasi di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. 

Mereka melakukan unjuk rasa untuk mengawal proses putusan MK terkait gugatan sengketa perselisihan hasil pemilu umum (PHPU) Pilpres 2024.

Baca Juga: Tok! MK Tolak Semua Gugatan Sengketa Pilpres Anies-Muhaimin

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya