Fotonya Dipakai Bukti Sengketa Pilpres di MK, Ini Respons Heru Budi

Foto dan video Heru Budi jadi bukti ketidaknetralan Pj

Jakarta, IDN Times - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono buka suara terkait namanya terseret dalam sidang sengketa pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi. 

Heru tersenyum saat awak media menanyakan komentar Heru terkait foto Heru saat membagikan bantuan sosial (bansos) dengan kantong berwarna biru. Heru mengaku tidak masalah fotonya dipakai bukti dalam sidang.

"Nggak apa-apa," kata Heru Budi sambil tersenyum di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

 

1. Tudingan bansos dibalas senyuman Heru

Fotonya Dipakai Bukti Sengketa Pilpres di MK, Ini Respons Heru BudiPenjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono usai nyoblos di TPS, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru mengatakan pembagian sembako murah yang sering dilakukan agar stabilitas harga pangan stabil. Dia juga menjamin ketersediaan pangan jelang Lebaran di Jakarta juga aman.

"Aman, setiap hari kan saya membagikan sembako murah di kelurahan," ujarnya.

Namun saat ditanya soal tudingan pembagian bansos merupakan politisasi, Heru hanya tersenyum sambil masuk mobil berwarna hitam.

Baca Juga: Saldi Tanya 4 Menteri Alasan Jokowi Sering Bagikan Bansos ke Jateng

2. Foto Heru ditampilkan di MK

Fotonya Dipakai Bukti Sengketa Pilpres di MK, Ini Respons Heru BudiPotongan Foto Heru di MK/ YouTube MK

Dalam sidang MK, Tim Anies-Muhaimin menunjukkan foto sambil menyinggung soal dugaan Pj Kepala Daerah yang merupakan ASN tidak netral dalam Pemilu 2024. Kuasa hukum Anies-Muhaimin, Zainudin Paru, menyinggung tindakan Heru Budi yang membagikan bansos dengan bungkusan berwarna biru muda. 

"Kami ada satu video terkait Pj Gubernur yang ikut bagi bansos bergambar paslon 02, warna yang identik dengan 02. Ini adalah salah satu bukti yang kami ajukan dalam persidangan ini, P137 ya. Apakah ada mekanisme semacam kontrol yang dibuat atau dibentuk komisi II terkait penjabat kepala daerah," kata Zainudin di Gedung MK, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Risma Tegaskan Bansos Beras Bukan Disalurkan oleh Kemensos

3. Timnas Amin tampilkan bukti ketidaknetralan ASN

Fotonya Dipakai Bukti Sengketa Pilpres di MK, Ini Respons Heru BudiSusana sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (3/4/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Kuasa hukum Anies-Muhaimin yang lain, Wakil Kamal, juga menunjukan foto ketidaknetralan Pj Kepala Daerah kali ini Pj Walikota Bekasi Gani Muhammad.

"Saksi, ini berita sangat viral awal Januari 2024, viral Pj Bekasi pamer Jersey 02, kemudian bersama kepala Satpol PP Kota Bekasi, pimpinan BJB Kota Bekasi dan 10 camat se-Kota Bekasi, itu viral, fotonya lengkap di media tanggal 9 Januari 2024," paparnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya