Gak Dihapus! Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bangun Jalur Sepeda Rp7,5 M

Pemprov DKI Jakarta akan optimalkan jalur sepeda

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menegaskan Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang ramah sepeda dan terus melanjutkan pembangunan jalur sepeda di Ibu Kota. 

Dia menerangkan, Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD DKI akan mengalokasikan anggaran untuk evaluasi dan optimalisasi jalur sepeda sebesar Rp7,5 miliar pada tahun 2023.

"Tahun ini ada tambahan sebanyak 196 kilometer (km) jalur sepeda dibangun. Sebelumnya sudah ada 103 km, artinya ada sekitar 301 km jalur sepeda yang akan terbangun sampai dengan akhir tahun 2022," katanya dalam siaran tertulis, Jumat (18/11/2022).

"Dengan demikian, tentu kita harus melakukan evaluasi terkait dengan efektivitas jalur yang terproteksi itu bisa optimal pemanfaatannya. Jadi semuanya sepakat jalur sepeda yang tahun ini dibangun lebih kurang 300 km itu akan dilakukan evaluasi secara komprehensif," imbuhnya.

Baca Juga: Hapuskan Anggaran Jalur Sepeda, Pemprov DKI: Hamburkan Uang, Sia-sia

1. Salah satu aspek evaluasi jalur sepeda adalah keselamatan

Gak Dihapus! Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bangun Jalur Sepeda Rp7,5 MIlustrasi Jalur Sepeda (IDN Times/Dwi Agustiar)

Syafrin menambahkan bahwa salah satu aspek evaluasi terhadap jalur sepeda di Jakarta adalah aspek atau prinsip keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. 

"Itu yang penting dan utama bagi seluruh pengguna jalan. Hal ini tentu terkait dengan optimalisasi jalur sepeda, agar di beberapa ruas jalan itu masyarakat dari sisi pelanggaran lalu lintas jalur sepeda bisa kita minimalisir. Termasuk di dalamnya kita bisa meningkatkan pengguna jalur sepeda di beberapa lokasi yang sudah dibangun," ujarnya.

Baca Juga: Anies Targetkan Jalur Sepeda Sepanjang 196,45 Km Tahun 2022

2. Heru akan optimalkan jalur sepeda

Gak Dihapus! Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bangun Jalur Sepeda Rp7,5 MKepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, pihaknya akan melakukan optimalisasi dan efisiensi terhadap pembangunan jalur sepeda di Kota Jakarta. 

"Tadi saya terima teman-teman (Komunitas Sepeda) Bike to Work. Saya minta dikaji dan saya juga minta mereka memikirkan (mengusulkan) jalur sepeda yang memang efektif dan berkualitas untuk pengguna sepeda. Nanti diadakan FGD dan mereka sudah oke," jelas Heru.

Baca Juga: Jalur Sepeda 500 Km Tak Tercapai, Anies Perpanjang Target Sampai 2026

3. Pemprov DKI Jakarta akan gencarkan sosialisasi

Gak Dihapus! Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Bangun Jalur Sepeda Rp7,5 MJalur sepeda dijajah pemotor akibat jalan depan Balai Kota Jakarta jadi parkiran Reuni 212, Aryodamar/IDN Times

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan meningkatkan sosialisasi tentang efektivitas penggunaan jalur sepeda kepada masyarakat atau para pesepeda di Jakarta. 

"Tentunya sosialisasi tersebut bukan hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga bersinergi dengan para pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas-komunitas pesepeda," ucap Heru.

Baca Juga: Pj Gubernur Heru Targetkan Normalisasi Kali 4,8 Km untuk Cegah Banjir 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya