Heru Akan Bangun Food Estate di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu kaya akan hasil laut

Jakarta, IDN Times - Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan Kabupaten Kepulauan Seribu akan dikembangkan menjadi lumbung pangan untuk ketahanan pangan bagi Provinsi DKI Jakarta pada 2025.

Hal itu karena Kepulauan Seribu merupakan wilayah perairan yang kaya akan hasil laut seperti ikan, rumput laut, ganggang, dan sebagainya. 

"Kita melihat kebutuhan bahan pokok semakin berkurang di dunia. Maka pada 2025 dan seterusnya, memang harus dipikirkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan bagi masyarakat DKI Jakarta,” ujar Heru dalam keterangan, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Surya Paloh soal calon DKI 1 dari NasDem: Kalau Malam Ini Sahroni

1. Sinergi dengan berbagai kementerian

Heru Akan Bangun Food Estate di Kepulauan SeribuPj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono hadir di acara groundbreaking Masjid Ar-Raudhah. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru mengatakan, perlu sinergi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk menjaga dan mengembangkan Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi kawasan yang lebih bersih dan tertata.

"Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya meningkatkan sinergi dan menyelesaikan berbagai tantangan tersebut, melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ)," katanya.

2. Fokus empat isu dalam RKPD 2025

Heru Akan Bangun Food Estate di Kepulauan SeribuPj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi lepas pengiriman 15 ribu ton beras secara bertahap. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru menegaskan, terdapat empat isu yang dituangkan dalam RKPD 2025 untuk mewujudkan Jakarta Global yang berketahanan inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan. Yakni peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur, akselerasi pertumbuhan ekonomi, tata kelola pemerintah yang adaptif, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya harapan saya, bupati dan jajarannya, bersama tokoh masyarakat dan seluruh pengusaha yang bergerak di lingkungan pariwisata Kepulauan Seribu, dapat mendukung hal ini untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu yang sejahtera.,” kata Heru.

Baca Juga: RUU DKJ Atur Pemenang Pilkada, Syarat Raih Suara 50 Persen Plus 1

3. Pembangunan terstruktur di Kepulauan Seribu

Heru Akan Bangun Food Estate di Kepulauan Seribuilustrasi salah satu sudut Ancol, Jakarta (pixabay.com/Fordito)

Adapun kebutuhan dasar warga Kepulauan Seribu seperti lahan pemakaman dan lahan perumahan dalam bentuk rumah susun (rusun), Heru meminta Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Kepulauan Seribu melakukan kajian lebih lanjut terhadap struktur bangunan dan lahan, serta landasan hukumnya.

“Pak Bupati bersama Bappekab dan Sudin CKTRP silakan mengkaji dulu struktur bangunan rusunnya, berapa lantai, bagaimana strukturnya, juga dipikirkan perizinan lintas udara untuk mendarat pesawat dari Airnav atau Angkatan Udara, karena ada area-area tertentu di Kepulauan Seribu merupakan area pendaratan pesawat terbang. Juga dipikirkan landasan hukumnya untuk pembangunan multiyear,” terang Heru.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya