Heru Ungkap Jasa 7 Gubernur DKI di Balik Berdirinya JIS

Gubernur Wiyogo hingga Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengucapkan terima kasih kepada para gubernur DKI sebelumnya yang melakukan pembangunan secara berkesinambungan, sehingga menghasilkan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang menjadi kebanggaan warga Jakarta.

"Saya terima kasih kepada Pak Wiyogo, Pak Soedirja, Pak Sutiyoso, Pak Fauzi Bowo, Pak Jokowi, Pak Basuki Purnama, Pak Djarot, dan Pak Anies, saya wajib merawat JIS itu," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: Heru Beberkan Audit BPK terkait JIS, Ini Hasilnya

1. Lahan JIS berasal dari pengembang

Heru Ungkap Jasa 7 Gubernur DKI di Balik Berdirinya JISPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Heru kemudian menceritakan lahan berdirinya JIS dahulu merupakan Taman BMW (Bersih Manusiawi Wibawa), yang merupakan tanah yang diterima Pemprov DKI dari para pengembang pada periode pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto.

"Kita juga terima kasih kepada senior Gubernur Pak Soerjadi Soedirdja yang merawat taman tersebut," katanya.

2. Sutiyoso dan Fauzi Bowo telah menetapkan lokasi JIS pengganti Stadion Lebak Bulus

Heru Ungkap Jasa 7 Gubernur DKI di Balik Berdirinya JISStadion Lebak Bulus pada masa jayanya. www.wikipedia.com

Kemudian pada kepemimpinan Gubernur Sutiyoso, lahan tersebut dikosongkan untuk dibangun stadion yang prosesnya dilanjutkan gubernur setelahnya, Fauzi Bowo.

"Berikutnya Pak Sutiyoso melakukan pengosongan titik di Taman BMW dilanjutkan Pak Fauzi Bowo, karena Pak Sutiyoso dan Pak Fauzi Bowo telah menetapkan lokasi tersebut adalah lokasi stadion pengganti Stadion Lebak Bulus. Kita bangun depo sekarang, maka Pemda DKI miliki utang membangun sebagian. Saya mengucapkan terima kasih ke Pak Sutiyoso dan Pak Fauzi Bowo," katanya.

Baca Juga: Heru Budi: Saya Tidak Pernah Katakan JIS Itu Ada Masalah

3. Jokowi lakukan pematangan lahan JIS

Heru Ungkap Jasa 7 Gubernur DKI di Balik Berdirinya JISPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Kemudian, lanjut Heru, masa pemerintahan Gubernur pemerintahan Joko "Jokowi " Widodo melakukan pematangan tanah dan lakukan sertifikat. 

“Berikutnya Pak Jokowi, beliau yang melakukan pematangan tanah dan pesertifikatan Taman BMW. Terus berikutnya Pak Ahok, Pak Djarot, untuk mengamankan lokasi ini. Saya terima kasih kepada beliau-beliau,” kata dia.

4. JIS dibangun pada era Anies Baswedan

Heru Ungkap Jasa 7 Gubernur DKI di Balik Berdirinya JISMomen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hingga akhirnya pembangunan JIS dilaksanakan pada era Anies Baswedan, dan selesai dibangun pada 2022.

“Saya berterima kasih kepada beliau karena sudah membangun stadion yang bagus dan harus kita banggakan,” papar Heru.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya