Masjid Istiqlal Siapkan 6.000 Takjil Selama Ramadan

Panitia juga siapkan sahur untuk jemaah yang iktikaf

Intinya Sih...

  • Masjid Istiqlal menyediakan buka puasa gratis selama Ramadan 1445 Hijriyah dengan ribuan boks takjil setiap hari.
  • Pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, porsi takjil ditingkatkan menjadi 6 ribu porsi untuk menyesuaikan dengan animo masyarakat yang datang.
  •  

Jakarta, IDN Times - Masjid Istiqlal akan menyiapkan program buka puasa gratis selama bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah. 

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Ismail Chawidu, mengatakan, pengurus Masjid Istiqlal nantinya menyiapkan ribuan boks takjil untuk buka puasa bersama.

“Persiapan panitia tahun ini kita tingkatkan untuk buka bersama, kalau tahun lalu kita setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis itu kita siapkan 3 ribu. Sekarang kita naikan jadi 4 ribu," ujar Ismail saat dihubungi IDN Times, Senin (11/3/2024).

Baca Juga: Kisah Masjid Utusan Sunan Gunung Jati, Dipercaya Jadi dalam Semalam

1. Jumat sampai Minggu ada 6 ribu porsi

Masjid Istiqlal Siapkan 6.000 Takjil Selama RamadanAktivitas di Masjid Istiqlal, Jakarta (19/4/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Ismail mengatakan, khusus hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, pihaknya meningkatkan porsi dari hari biasanya. Apabila tahun lalu pada hari tersebut menyediakan 4 ribu porsi, maka tahun ini akan disediakan sebanyak 6 ribu porsi. 

"Tahun ini kita naikan jadi 6 ribu mengingat dari tahun ke tahun animo masyarakat yang datang itu besar," imbuhnya.

Baca Juga: Jam Kerja ASN Berubah Selama Ramadan, 32 Jam 30 Menit dalam Seminggu

2. Sahur disiapkan 2.500 boks

Masjid Istiqlal Siapkan 6.000 Takjil Selama RamadanAktivitas di Masjid Istiqlal, Jakarta (19/4/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Tidak hanya takjil, pengurus Masjid Istiqlal juga menyediakan makanan untuk sahur bagi jemaah yang melakukan iktikaf di dalam masjid sebanyak 2.500 boks setiap Subuh.

"Kalau 10 hari terakhir itu kan ada iktikaf, baik mandiri atau iktikaf yang dikelola Masjid Istiqlal. Kita siapkan 2.500 boks untuk sahur," katanya.

Baca Juga: Pemprov DKI Atur Operasional Diskotek hingga Rumah Pijat Saat Ramadan

3. Jam 4 sore takjil sudah siap

Masjid Istiqlal Siapkan 6.000 Takjil Selama RamadanAktivitas di Masjid Istiqlal, Jakarta (19/4/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Ismail mengungkapkan, pihaknya bekerjasama dengan 11 katering yang ditunjuk melalui proses lelang terbuka untuk menyediakan seluruh makanan tersebut.

"Kan tidak mungkin hanya satu katering, sebab kita juga menjaga agar makanannya jangan sampai basi karena jam 4 sore sudah harus siap," katanya.

Bagi jemaah yang ingin mendapatkan takjil, kata dia, maka bisa datang ke Masjid Istiqlal lebih awal dan berpakaian sederhana.

"Datang lebih awal agar tidak rebutan tempat, jika bawa orangtua dan anak-anak agar ada pendamping, lalu berpakaian sederhana saja jangan berlebihan atau berhias kan ini mau ibadah, penting itu," imbaunya.

Baca Juga: Pemprov DKI Sesuaikan Jam Kerja ASN Saat Ramadan 1445 Hijriyah

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya