Muhadjir: Longsor Bocimi Ganggu Pemudik, Korlantas akan Rekayasa Lalin

Satu ruas jalan di tol Bocimi longsor

Intinya Sih...

  • Menteri Muhadjir Effendy menyatakan longsor di tol Bocimi mengganggu arus mudik
  • Korlantas sudah melakukan rekayasa lalu-lintas agar tidak mengganggu perjalanan saat mudik
  •  

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, longsor di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengganggu arus mudik.

"Sekarang ini sedang ada kejadian longsor di jalur Bocimi, yang tentu saja itu akan sangat mengganggu perjalanan mudik," ujar Muhadjir usai meninjau kesiapan mudik di Command Center PJR Korlantas Polri KM 29, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Evaluasi Longsor Bocimi, BPJT: Perbaikan untuk Mudik Terlalu Riskan

1. Korlantas akan lakukan rekayasa lalu lintas

Muhadjir: Longsor Bocimi Ganggu Pemudik, Korlantas akan Rekayasa LalinMenko Muhadjir meninjau kesiapan mudik di Command Center PJR Korlantas Polri KM 29, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). (dok. Kemenko PMK)

Meski demikian, lanjut Muhadjir, pihak Korlantas sudah melakukan berbagai rekayasa lalu-lintas di jalur tersebut agar tidak menggangu perjalanan saat mudik.

"Korlantas sudah berupaya bagaimana nanti melakukan rekayasa jalur itu. Mudah-mudahan ini tidak akan terlalu mengganggu perjalanan mudik nanti," ujarnya.

Baca Juga: Tol Bocimi Amblas, Pemerintah Siapkan Jalur Alteri untuk Pemudik

2. Satu ruas jalan di tol Bocimi longsor

Muhadjir: Longsor Bocimi Ganggu Pemudik, Korlantas akan Rekayasa LalinMenko Muhadjir meninjau kesiapan mudik di Command Center PJR Korlantas Polri KM 29, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). (dok. Kemenko PMK)

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Sony Sulaksono menjelaskan, evaluasi telah dilakukan terkait dengan kerusakan longsor di jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 pada KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

“Terkait dengan kerusakan longsor di Bocimi, memang kita sudah mengevaluasi ke sana dan memang agak berat kerusakannya karena ini hampir satu ruas jalan ya," katanya.

3. Perbaikan sekarang akan ganggu pemudik

Muhadjir: Longsor Bocimi Ganggu Pemudik, Korlantas akan Rekayasa LalinSuasana arus mudik di Exit tol Dumpil Madiun. IDN Times/ Riyanto

Sony menyatakan, memaksa perbaikan jalan untuk kegiatan mudik dan balik dianggap terlalu berisiko. Namun tidak dijelaskan risiko seperti apa yang dia maksud.

“Dan ini kalau kita paksakan perbaikan untuk kegiatan mudik dan balik, saya kira terlalu riskan,” ucap dia.

 

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya