Ngeri! Damkar Jaktim Temukan 12 Ekor Anak Ular Sanca di Cipayung

Damkar belum menangkap induk ular Sanca

Jakarta, IDN Times - Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur (Jaktim) mengevakuasi belasan anak ular sanca di komplek Kelurahan Munjul, Cipayung.

Dilansir laman Instagram @damkarjakartatimur, sebanyak 12 anak ular sanca berada di gorong-gorong permukiman penduduk Jalan Buni, RT 08/RW 08, Cipayung.

"Menurut keterangan dari petugas keamanan di komplek tersebut, awalnya beliau melihat adanya ular sanca beserta anak-anaknya di dalam gorong gorong," tulis keterangan Damkar Jaktim, dikutip Rabu (4/10/2023).

Baca Juga: Belasan Monyet Liar Serbu Permukiman di Cipayung Jaktim

1. Ular yang ditemukan warga bertambah banyak

Ngeri! Damkar Jaktim Temukan 12 Ekor Anak Ular Sanca di CipayungPetugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12). ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Dalam keterangan itu, disebutkan awalnya warga setempat mencoba mengevakuasinya. Namun ternyata ular yang ditemukan bertambah banyak hingga akhirnya warga meminta bantuan evakuasi kepada pemadam kebakaran.

Damkar Jaktim pun mengerahkan satu unit rescue beserta personel dari sektor Cipayung untuk mencari anak ular sanca tersebut.

Baca Juga: Ruang Jenazah Rumah Sakit Sulianti Saroso di Jakarta Utara Kebakaran

2. Damkar evakuasi 12 anak ular

Ngeri! Damkar Jaktim Temukan 12 Ekor Anak Ular Sanca di CipayungBBKSDA juga melepasliarkan ular sanca batik ke SM Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Sumut, Senin (14/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam video yang diunggah, tampak petugas mengambil anak-anak ular sanca itu. Namun, petugas belum menemukan induk dari belasan anak ular sanca tersebut.

"Ini anak ular sanca ke 12 ekor. Jadi Damkar sektor 10 telah menerima aduan tentang ular dan menemukan 12 anak ular," terang petugas damkar dalam video tersebut.

Baca Juga: Heru Budi Naik Pitam saat Lantik 309 Pejabat Pemprov DKI

3. Induk ular sanca belum ditemukan

Ngeri! Damkar Jaktim Temukan 12 Ekor Anak Ular Sanca di CipayungPetugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengevakuasi ular sanca yang melilit motor warga di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (27/3/2021). (ANTARA/Instagram@humasjakfire)

Petugas tersebut mengatakan, evakuasi 12 anak ular sanca tersebut memakan waktu selama 20 menit.

Dia memastikan penanganan yang dilakukan damkar tidak dipungut biaya alias gratis.

"Untuk penanganannya dipastikan gratis, ya, tetapi sayang ini induk ularnya belum ditemukan," katanya.

Baca Juga: Mulai Oktober 2023, Layanan Samsat DKI Jakarta Buka Sampai Sabtu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya