Pendaftaran UTBK SBMPTN Tinggal 19 Hari Lagi!

Pendaftaran calon mahasiswa mulai 23 Maret sampai 15 April

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tinggal 19 hari lagi. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah membuka UTBK SBMPTN sejak Rabu, 23 Maret 2022.

Kepala LTMPT Mochamad Ashari mengatakan calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran melalui laman resmi LTMPT sampai 15 April 2022.

"UTBK SBMPTN Tahun 2022 bisa diikuti oleh mereka yang lulus sekolah menengah atas tahun 2020, 2021, dan 2022," ujar Ashari dikutip dari ANTARA, Senin (28/2/2022).

1. UTBK SBMPTN meliputi tiga kelompok ujian

Pendaftaran UTBK SBMPTN Tinggal 19 Hari Lagi!Pelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Dia menerangkan lulusan sekolah menengah atas yang sudah mendaftar mengikuti seleksi bisa menjalani UTBK SBMPTN. Ujian itu mencakup tes potensi skolastik, tes kemampuan bahasa Inggris dan tes kemampuan akademik.

"UTBK SBMPTN meliputi tiga kelompok ujian, yakni kelompok ujian sains dan teknologi, kelompok ujian sosial dan humaniora, dan kelompok ujian campuran," katanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar UTBK, Siap Hadapi SBMPTN!

2. Setiap peserta boleh pilih dua program studi di perguruan tinggi yang sama

Pendaftaran UTBK SBMPTN Tinggal 19 Hari Lagi!ulm website

Dia menerangkan setiap peserta seleksi diperbolehkan memilih dua program studi di satu perguruan tinggi negeri, atau masing-masing satu program studi di dua perguruan tinggi negeri.

Biaya UTBK sebesar Rp200 ribu untuk kelompok ujian sains dan teknologi serta sosial-humaniora, dan Rp300 ribu untuk kelompok ujian campuran.

"Kami berharap calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN ini," kata  Ashari.

3. LTMPT perpanjang waktu permanen akun

Pendaftaran UTBK SBMPTN Tinggal 19 Hari Lagi!Tangkapan layar portal LTMPT untuk mendaftar SNMPTN 2020. Penulis: Yongky Yulius. google.

Sementara itu, LTMPT juga akan memperpanjang waktu untuk melakukan permanen akun paling lambat pada 12 April 2022 pukul 15.00 WIB.

“LTMPT memberikan kesempatan pada peserta yang belum dapat melakukan permanen akun LTMPT untuk segera menyelesaikan permanen akun LTMPT paling lambat tanggal 12 April 2022 pukul 15.00 WIB,” ujar imbuh.

Dia menambahkan, seharusnya permanen akun LTMPT telah selesai pada 17 Maret 2022. Akan tetapi karena ditemukannya berbagai permasalahan yang dialami peserta, LTMPT kemudian memperpanjang waktu permanen akun. Akun LTMPT yang telah dipermanenkan merupakan syarat untuk mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

Baca Juga: Jadwal dan Link Pengumuman SNMPTN 2022, Cek di Sini

Topik:

  • Jihad Akbar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya