Polri Siap Dirikan Polres, Polsek dan Brimob di IKN Tahun Depan

Polri akan perkuat pengamanan di IKN

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan membentuk polres, polsek, dan satuan brimob di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai tahun depan.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini konsep pembentukan polres dan polsek khusus di IKN masih proses penggodokan.

"Ya untuk konsep pembentukan polres khusus IKN ini sedang diajukan, nantinya 2024 diharapkan secara bertahap kita sudah mulai berkantor di IKN,” ujarnya di sela kegiatan Fun Bike di Mabes Polri, Minggu (19/6/2022).

Baca Juga: KSP: Otorita IKN Langsung Operasi Usai Aturan Turunan UU IKN Terbit

1. Brimob dipimpin brigadir jenderal

Polri Siap Dirikan Polres, Polsek dan Brimob di IKN Tahun DepanIlustrasi. Brimob Polda Sulsel. IDN Times/Polda Sulsel

Dedi menjelaskan, Polri juga tengah mempersiapkan penempatan satuan brimob di IKN, yang rencananya akan dipimpin seorang perwira tinggi (pati) berpangkat brigadir jenderal.

"Orang brimob salah satunya ditempatkan di IKN, nanti akan dipimpin oleh pati bintang satu," ujar dia.

2. Penempatan brigjen di IKN untuk pastikan pembangunan IKN

Polri Siap Dirikan Polres, Polsek dan Brimob di IKN Tahun DepanPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Dedi mengatakan penempatan perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal di IKN nantinya akan memperkuat pengamanan dan memastikan pembangunan IKN.

“Agar IKN nantinya bisa berjalan sesuai timeline yang sudah ditentukan pemerintah,” katanya.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Berharap Masyarakat Ikut Urun Rembuk Biayai IKN

3. Penambahan kekuatan untuk aspek keamanan

Polri Siap Dirikan Polres, Polsek dan Brimob di IKN Tahun DepanIlustrasi proyek strategis nasional pembangunan bendungan Sepaku penunjang air bersih IKN (IDN Times/Ervan)

Sebelumnya dilansir ANTARA, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Imam Sugianto, mengatakan Polri akan menambah kekuatan pengamanan di IKN.

Selain itu, ada pengembangan brimob, unit khusus kepolisian dengan berbagai tugas. Tak jauh dari IKN di Tenggarong, akan ditempatkan batalyon pelopor untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan.

Menurut Imam, penambahan kekuatan tersebut berdasarkan kajian secara detail berbagai aspek mengenai keamanan dan pengamanan IKN.

Saat ini, wilayah IKN masih dalam yuridiksi atau kewenangan Polsek Semoi dan Sepaku di bawah Polres Penajam Paser Utara.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya