Sriwijaya Air Salurkan Bantuan ke Korban  Banjir Bandang Masamba

Bantuan diterbangkan langsung dengan Sriwijaya Air

Jakarta, IDN Times - Di saat ancaman pandemik COVID-19 masih belum surut, masyarakat Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan harus pasrah menerima kenyataan pahit dihantam bencana banjir bandang yang telah menghancurkan tempat tinggal bahkan sampai memakan korban jiwa.

Sriwijaya Air Group bersama Rumah Harapan yang digagas oleh Melanie Subono menyampaikan bantuan langsung kepada masyarakat Masamba untuk sedikit membantu kesulitan yang mereka alami.

"Sriwijaya Air berkolaborasi bersama Rumah Harapan agar bantuan yang disampaikan bisa cukup banyak dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat Masamba," VP Commercial Sriwijaya Air Yuwan Eunike dalam siaran tertulis, Minggu (19/7/2020).

1. Bantuan langsung disampaikan ke korban

Sriwijaya Air Salurkan Bantuan ke Korban  Banjir Bandang MasambaSriwijaya Air salurkan bantuan ke Masamba/ dok Sriwijaya Air

Yuwan mengatakan bantuan yang terdiri dari obat-obatan untuk anak dan dewasa, susu anak dan bayi, selimut dan pakaian, masker, alat perlengkapan mandi, makanan ringan serta bahan makanan pokok sudah disampaikan langsung ke tangan masyarakat di pengungsian yang berada di daerah Bukit Meli dan Desa Radda.

“Tentunya kami sangat prihatin dengan kondisi saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam banjir bandang di Masamba. Dan syukur, berkat kolaborasi antara Sriwijaya Air dan Rumah Harapan, telah berhasil diantarkan bantuan dalam jumlah yang cukup, sehingga diharapkan dapat turut membantu meringankan beban masyarakat Masamba," terangnya.

Baca Juga: Banyak Korban Banjir Bandang Masamba Hilang karena Tertimbun Lumpur

2. Bantuan diterbangkan dengan Sriwijaya Air

Sriwijaya Air Salurkan Bantuan ke Korban  Banjir Bandang MasambaInstagram.com/sriwijayaair

Seluruh bantuan tersebut telah diterbangkan langsung menggunakan pesawat Sriwijaya Air dari Jakarta menuju ke Makassar untuk kemudian disampaikan ke Masamba, yang berjarak sekitar 8 sampai 9 jam perjalanan darat dari ibu kota Sulawesi Selatan tersebut.

“Kami telah terbangkan bantuan kepada masyarakat Masamba dengan menggunakan penerbangan Sriwijaya Air rute Jakarta–Makassar sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Sriwijaya Air Group,” terang Yuwan.

Sriwijaya Air Group juga siap menambahkan CSR dengan bantuan uang tunai yang akan disampaikan kepada perwakilan masyarakat di Masamba.

3. Banjir bandang terjang Masamba pada 13 Juli

Sriwijaya Air Salurkan Bantuan ke Korban  Banjir Bandang MasambaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Banjir bandang menerjang Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin 13 Juli 2020 malam. Banjir berasal dari luapan dua sungai yaitu Sungai Masamba dan Sungai Meli.

Banjir tersebut merusak ratusan rumah warga. Bahkan ada rumah yang hanyut bersama penghuninya sehingga mengakibatkan adanya korban jiwa. Sejauh ini otoritas setempat belum dipastikan berapa orang tewas karena kejadian itu.

"Ada luka, ada yang patah, juga ada yang hanyut dan meninggal dunia. Tapi masih terus dilakukan pencarian korban," kata Sekretaris PMI Luwu Utara, Amiruddin.

Jajaran Basarnas Makassar mengerahkan kekuatan penuh untuk mencari korban lanjutan dalam operasi hari kelima saat ini. Unsur SAR gabungan terdiri dari berbagai insitusi dan kelompok. Mereka disebar di sejumlah titik di Masamba untuk menyisir lokasi kejadian.

Baca Juga: Ini 3 Faktor Penyebab Banjir Bandang yang Luluhlantakkan Masamba 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya