Usai Remaja Tewas Gegara Tawuran, Pamdal Dikerahkan Jaga TMB Tulip

Banyak aduan aktivitas negatif di TMB Tulip

Jakarta, IDN Times - Sudin Pertamanan dan Kehutanan (Tamhut) Kota Administrasi Jakarta Timur sudah menempatkan petugas keamanan dalam (pamdal) di Taman Maju Bersama (TMB) Tulip, Jalan Sepakat RT 04 RW 10 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, sejak Rabu (12/7/2023) malam. Sebelumnya, pengawasan dilakukan secara mobile petugas keamanan yang berada di sekitar TMB.

Pengawasan tersebut dilakukan setelah banyak menerima aduan masyarakat terkait adanya aktivitas negatif seperti mabuk-mabukan. Dilansir ANTARA, puncaknya terdapat seorang seorang remaja berinisial MR (20) meninggal dunia dengan luka sabetan senjata tajam dalam aksi tawuran antar dua geng motor tepat di depan TMB Tulip pada Selasa (11/7/2023) sekitar pukul 03.30 WIB.

"Penempatan petugas Pamdal dilakukan sebagai pengawasan agar area taman tidak dimanfaatkan untuk aktivitas negatif oleh pihak tak bertanggungjawab," ujar Kepala Sudin Tamhut, Djauhar Arifin, dalam siaran tertulis, Jumat (14/7/2023).

1. Pengawasan dilakukan tim gabungan

Usai Remaja Tewas Gegara Tawuran, Pamdal Dikerahkan Jaga TMB TulipIlustrasi. Sejumlah siswa SMA yang terlibat tawuran diperiksa polisi. (Istimewa)

Selain penempatan Pamdal, tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Ciracas, Polsek Ciracas, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kelurahan Kelapa Dua Wetan, serta Ketua RT dan tokoh masyarakat ikut membantu pengawasan.

“Selain menempatkan Pamdal di area taman, kita juga sudah koordinasi dengan Garnisun, Satpol PP dan pihak kelurahan untuk membantu melakukan pengawasan," kata Djauhar.

Baca Juga: Tawuran Antargeng Pecah di Bekasi, Seorang Remaja Tewas

2. Pengawasan dilakukan secara rutin

Usai Remaja Tewas Gegara Tawuran, Pamdal Dikerahkan Jaga TMB TulipSatpol PP DKI Jakarta dan tim gabungan amankan TMP Tulip, Jaktim/dok Satpol PP

Komandan Satpol PP Kecamatan Ciracas, Sondang A Sipayung mengatakan tim gabungan dikerahkan untuk melakukan pengawasan demi menjaga kondusivitas di lingkungan TMB, serta menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan.

“Kami melakukan pengawasan di TMB Tulip dan sekitarnya, kami melakukan pengawasan rutin bersama aparat gabungan. Hal ini kami lakukan untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat di wilayah Kecamatan Ciracas, khususnya Kelurahan Kelapa Dua Wetan,” kata Sondang.

3. Warga tidak perlu khawatir lagi

Usai Remaja Tewas Gegara Tawuran, Pamdal Dikerahkan Jaga TMB TulipIlustrasi senjata tajam. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sondang menegaskan, warga di lingkungan TMB Tulip tak perlu khawatir. Personel gabungan akan menjaga keamanan wilayah tersebut, termasuk dari kegiatan tidak bertanggung jawab penyalahgunaan TMB.

“Kami akan terus lakukan rutin penjagaan dikawasan TMB, dan untuk warga, saya menghimbau agar jangan khawatir kami bersama aparat gabungan siap menjaga kawasan tersebut. Jika ada yang nongkrong, akan kami bubarkan apalagi di jam-jam malam di atas jam 23.00 WIB,” ungkapnya.

 

Baca Juga: Janjian Tawuran di Medsos, 2 Gengster di Depok Berhasil Digagalkan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya