Comscore Tracker

Viral, Edy Mulyadi Diduga Hina IKN sebagai Tempat Jin Buang Anak

Video eks Caleg PKS itu menuai kecaman

Jakarta, IDN Times - Sosok pria bernama Edy Mulyadi saat ini tengah menjadi soroton publik. Pasalnya, video mantan Caleg PKS yang menyebutkan Kalimantan sebagai tempat jin membuang anaknya dan genderuwo viral di media sosial.

Sontak video dugaan penghinaan terhadap Kalimantan pun menjadi viral. Dikutip dari akun Twitter YRadiato yang dibagikan pada 22 Januari 2022, Edy memberikan pendapat pemindahan calon ibu kota negara (IKN) di Kalimantan.

"Bisa memahami enggak, ini ada sebuah tempat elite punya sendiri yang harganya mahal, punya gedung sendiri lalu dijual pindah ke tempat jin buang anak,"ujarnya dikutip IDN Times, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga: Berpeluang Jadi Kepala IKN, Mensos Risma: Lapor Ibu Dulu 

1. Pasar ibu kota baru disebut sebagai kuntilanak

Viral, Edy Mulyadi Diduga Hina IKN sebagai Tempat Jin Buang AnakPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Edy mengatakan pasar di Kalimantan yang nantinya jadi Ibu Kota adalah kuntilanak dan genderuwo. "Pasarnya siapa?" ucapnya.

"Kalau pasarnya kuntilanak, genderuwo ngapain ngebangun disana," sambungnya.

Baca Juga: Sopir 'Curhat' di FB jadi Korban Pemerasan lalu Viral, Pelaku Ditangkap

2. Edy klaim tidak ada yang mau pindah di Ibu Kota Baru

Viral, Edy Mulyadi Diduga Hina IKN sebagai Tempat Jin Buang AnakPresiden Jokowi memamerkan desain Ibu Kota baru di HUT ke-7 PSI pada Rabu (22/12/2021). (youtube.com/solidaritasID)

Edy mengklaim tidak ada masyarakat yang mau pindah ke Penajam. "Mana mau tinggal di Gunungsari Jakarta pindah ke Kalimantan Penajam sana untuk beli rumah disana," .

Edy Mulyadi pun tertawa mendengar salah satu orang yang mengatakan bahwa hanya monyet yang mau jadi warga Ibu Kota Baru. "Jadi warga Ibu Kota Baru, mana mau," ujarnya

3. Warganet geram dengan pernyataan Edy

Viral, Edy Mulyadi Diduga Hina IKN sebagai Tempat Jin Buang Anakilustrasi viral (IDN Times/Aditya Pratama)

Video Edy menuai kecaman dari warganet termasuk komposer kondang Addie M.S.

"Masih ga percaya lihat video dimana ada yg tega menggambarkan Kalimantan sebagai "tempat jin buang anak". Apalagi ada sebutan "kuntilanak"/"gendruwo". Keterlaluan... Mari saling menghormati utk jaga persatuan NKRI," cuit @addiems.

Bahkan video tersebut juga memancing kemarahan warga Kalimantan yang meminta pihak kepolisian segera menangkapnya.

"Ini penghinaan betul, saya lahir dan dibesarkan di Kalimantan. Kalo sampai @DivHumas_Polri tidak berani #TangkapEdyMulyadi maka Polri sudah tidak pantas untuk dipercaya, didukung dan dibela lagi.
@jokowi @mohmahfudmd @ListyoSigitP @CCICPolri
#KalimantanTanpaPKS," ujar warganet lain.

"Kami warga kalimantan tidak terima!!," imbuh warganet lain yang juga warga Kalimantan.

Baca Juga: Viral Parkir Bus di Malioboro Rp350 Ribu, Ini Kata Polisi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya