Widih, Dishub DKI Beli Moge Harley Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur Baru

Pemprov DKI akan beli moge listrik

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menganggarkan Rp6,3 miliar untuk pembelian motor gede (moge) listrik untuk mengawal gubernur Jakarta terpilih.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, moge saat ini sudah tua sebab pengadaannya di tahun 2006. 

"Jadi ini kita akan ganti, tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik, dan rencananya akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan gubernur terpilih nanti. Itu kan baru tahun depan, enggak saya gunakan kok," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: PPP Berpotensi Dorong Sandiaga Uno Maju Pilkada DKI 2024

1. Kurangi polusi udara di Jakarta

Widih, Dishub DKI Beli Moge Harley Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur Baruilustrasi polusi udara membatasi jarak pandang (commons.wikimedia.org/Wolcott)

Syafrin menjelaskan, moge ini juga sebagai bukti Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memulai upaya menekan polusi udara di Jakarta, apalagi mobilitas gubernur juga cukup tinggi.

"Begitu itu dilakukan untuk pengawalan maka mobilitas Pak Gub sangat tinggi. Contohnya hari ini, beliau dari sini ada kegiatan lanjutan," katanya.

2. Dasar pembelian moge listrik

Widih, Dishub DKI Beli Moge Harley Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur Baruilustrasi motor besar (michelin.in)

Dia mengatakan, penggunaan moge listrik merujuk pada Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Implementasi Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

Lalu, pengadaan motor listrik itu juga sesuai Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

3. Lima unit moge Harvey untuk pengawalan VVIP

Widih, Dishub DKI Beli Moge Harley Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur BaruKepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota, Senin (25/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Berdasarkan situs SiRUP LKPP, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp6,3 miliar untuk belanja motor listrik 5 unit Harley-Davidson LiveWire yang nantinya untuk patwal pimpinan VVIP.

Tender tersebut diberi nama "Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.

Pengadaan itu berada pada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dengan total pagu Rp6.354.750.000 (Rp6,5 miliar), yang berasal dari APBD 2024. Pemilihan penyedia dijadwalkan dimulai pada Maret 2024 dan berakhir Juni 2024, lalu pemanfaatan barang ditargetkan dimulai pada Desember 2024.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya