Kemnaker Gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023

Yuk ikutan, para job hunter!

Jakarta, IDN Times - Setelah sukses di tahun sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menggelar acara tahunan Festival Pelatihan Vokasi (FPV) dan Job Fair Nasional. Sekretaris Jenderal selaku Plt. Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Anwar Sanusi mengatakan bahwa acara yang sangat dinantikan ini akan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023 di Hall-A, Jakarta International Expo, Gedung Pusat Niaga Arena Jiexpo Kemayoran Lt. 1, DKI Jakarta.

“Acara yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan ini merupakan peluang berharga bagi pemuda, pencari kerja, pelajar, dan pengusaha untuk menjalin hubungan, mengembangkan keterampilan, dan menjalani pengalaman unik dalam dunia pelatihan vokasi dan karier,” jelas Anwar pada keterangannya, (24/10/2023)

1. Pameran pelatihan dan produk vokasi hingga lomba keterampilan

Kemnaker Gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023ilustrasi Festival Pelatihan Vokasi (FPV) dan Job Fair Nasional 2022 (dok. Kemnaker)

Adapun dalam FPV dan Job Fair 2023 ini menyuguhkan berbagai acara menarik. Salah satu contohnya adalah menghadirkan replika kejuruan-kejuruan yang menjadi modalitas Kemnaker dalam menyelenggarakan pelatihan vokasi. 

Replika kejuruan ini dilengkapi juga dengan peralatan dan produk yang dihasilkan di antaranya adalah kejuruan automotive (teknik otomotif, alat berat), electrical (refrigrasi, elektronik, listrik), manufacture, mechanical (teknik las), construction (bangunan), tourism, smart farming, fashion technology, creative industry, IT for bussiness

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan penyelanggaraan pelatihan vokasi kepada para pemangku kepentingan bidang pelatihan vokasi tentang sumber daya pelatihan vokasi yang diselenggarakan oleh Kemnaker.

Lalu, Kemnaker juga mengadakan lomba unjuk keterampilan yang diikuti oleh masyarakat umum. Beberapa jenis keterampilan yang dilombakan antara lain adalah bidang robotic, beauty theraphy, cinematography, dan photography.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, Kemnaker Dorong Pelatihan Vokasi Berbasis Desa

2. Gelar meet up ekosistem pelatihan vokasi dan berikan sertifikasi kompetensi BNSP

Kemnaker Gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023ilustrasi Festival Pelatihan Vokasi (FPV) dan Job Fair Nasional 2022 (dok. Kemnaker)

Kemudian, Kemnaker menjadikan acara ini sebagai ajang untuk mempertemukan seluruh ekosistem Pelatihan Vokasi yaitu peserta yang telah menerima manfaat program Pelatihan Vokasi, Lembaga Pelatihan Vokasi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Pemagangan Luar Negeri dan Pemagangan Dalam Negeri, serta stakeholder pelatihan vokasi lainnya.

Adapun Kementerian yang dipimpin Ida Fauziyah ini juga menyelenggarakan 1.0000 Sertifikasi Kompetensi gratis yang meliputi kompetensi bidang okupasi (front office supervisor, staff administrasi SDM, instruktur junior analisis muda hubungan industrial, dan operator komputer muda). Kegiatan sertifikasi ini bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).

3. Gelar Job Fair Nasional

Kemnaker Gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023ilustrasi Festival Pelatihan Vokasi (FPV) dan Job Fair Nasional 2022 (dok. Kemnaker)

Tidak ketinggalan, acara yang digelar ini juga menyediakan Job Fair dengan lebih dari 10.000 lowongan kerja loh! Ratusan pemberi kerja/perusahaan terkemuka akan hadir untuk mencari calon pekerja yang berkualitas. 

Selain puluhan ribu lowongan yang tersedia, ada pula walk-in interview, dimana pemberi kerja/perusahaan dapat langsung mewawancarai pencari kerja. Tak lupa juga, ada seminar dan talkshow karier dari narasumber handal antara lain Cinta Laura, Dinar The HR, dan Andovi Da Lopez.

Kemnaker menyebut bahwa acara ini sepenuhnya gratis dan terbuka untuk semua kalangan. Pendaftaran pun dapat dilakukan secara online melalui situs web resmi fpv.kemnaker.go.id. 

Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memperluas wawasan dan peluang kariermu. Yuk, bergabunglah dalam Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023, dan bersiaplah untuk melangkah ke masa depan yang lebih cerah! (WEB)

Baca Juga: Kemnaker Gelar Pelatihan Mandiri Pengantar Kerja, Sasar 3 Tujuan Ini

Topik:

  • Evan Yulian Philaret
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya