Buka IMGS 2023, Jokowi Harap Milenial dan Gen Z Jadi Kekuatan Baru

Milenial-Gen Z berpengaruh menentukan masa depan bangsa

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut pada 2030 mendatang Indonesia akan menikmati puncak bonus demografi dengan 68 persen penduduk berada di usia produktif, di mana generasi milenial dan generasi Z memiliki komposisi yang besar dan muncul sebagai kekuatan baru.

Jokowi juga menyampaikan, generasi milenial dan generasi Z muncul sebagai kekuatan baru yang dinamis, serta sangat berpengaruh dalam menentukan masa depan bangsa.

"Generasi milenial dan generasi Z merupakan calon pemimpin-pemimpin masa depan, yang dapat memberi warna dan lompatan menuju Indonesia maju yang berkemajuan," kata Jokowi dalam acara pembukaan Indonesia Millenial and Gen Z Summit (IMGS) 2023 lewat video, Jumat (24/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi berharap generasi milenial dan generasi Z dapat terus mengembangkan diri dari berbagai sisi.

"Oleh sebab itu, saya berharap seluruh generasi milenial dan generasi Z dapat mempersiapkan diri sebaik baiknya dengan meningkatkan kapasitas, meningkatkan keahlian, serta meningkatkan mentalitas pejuang yang cinta tanah air, yang tidak mudah menyerah, dan memiliki budi pekerti luhur agar siap mengisi peluang-peluang baru menjadi bagian dari talenta-talenta global dan membangun masa depan yang lebih baik," jelas Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengapresiasi atas diadakannya IMGS 2023 karena dapat melahirkan para pemimpin-pemimpin masa depan.

"Saya juga mengapresiasi diadakannya Indonesia Millenial and Gen Z Summit (IMGS) 2023 ini karena dapat menjadi forum untuk memperkaya wawasan, memperluas jaringan, dan melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia," ujar Jokowi.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24-26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: 5 Persen Gen Z Masuk Kategori Online Kronis dalam Bermedia Sosial

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya