Dishub Kaji Fasilitas Bagasi di Bus TransJakarta Rute Kalideres-Soetta

Tarif yang diusulkan Rp5 ribu per orang

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyebut adanya kemungkinan penambahan fasilitas bagasi pada bus TransJakarta rute Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Hal tersebut mengingat penumpang yang akan bepergian ke Bandara Soetta biasanya membawa barang-barang yang cukup banyak, seperti koper.

Baca Juga: Uji Coba TransJakarta Kalideres-Bandara Soekarno Hatta Diperpanjang

1. Karakter penumpangnya masih dipelajari

Dishub Kaji Fasilitas Bagasi di Bus TransJakarta Rute Kalideres-SoettaIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Meski begitu, Syafrin Liputo mengatakan hal tersebut masih harus dikaji terlebih dahulu sebelum benar-benar diaplikasikan.

"Memungkinkan (penambahan bagasi untuk koper penumpang). Tapi untuk hal itu sambil kita pelajari karakter penumpangnya," ujar Syafrin Liputo seperti dilansir dari ANTARA, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: 10 Unit Bus TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Beroperasi

2. Takut merepotkan penumpang

Dishub Kaji Fasilitas Bagasi di Bus TransJakarta Rute Kalideres-SoettaCalon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Syafrin menyebut, karakter penumpang bus TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta akan dikaji secara rinci. Saat ini, layanan TransJakarta itu baru berhenti di terminal kargo.

"Jika (bagasi) itu ditambahkan, itu penumpang yang mau ke terminal satu, dua atau tiga tentu perlu effort (usaha) ya. Nah, ini tentu kita terus pelajari karakter penumpangnya," sambung dia.

Baca Juga: Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0

3. Uji coba diperpanjang

Dishub Kaji Fasilitas Bagasi di Bus TransJakarta Rute Kalideres-SoettaHalte LIPI Gatot Subroto kembali beroperasi. (dok. PT Transjakarta)

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa uji coba bus TransJakarta rute Kalideres-Soetta. Begitu juga dengan jam operasionalnya yang kini lebih lama, pukul 05.30-09.00 WIB dan pukul 16.30-22.00 WIB.

Sebanyak 10 bus dek rendah (low entry) dioperasikan setiap harinya untuk rute tersebut, dengan kapasitas pengangkutan penumpang mencapai 2.500 orang per hari.

Baca Juga: Selama Uji Coba TransJakarta Rute Kalideres-Soetta Masih Gratis

4. Usulan tarif tiket

Dishub Kaji Fasilitas Bagasi di Bus TransJakarta Rute Kalideres-SoettaAntara Foto

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga membahas usulan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengenai tarif layanan TransJakarta rute Kalideres-Soetta yaitu sebesar Rp5 ribu per orang.

Usulan tersebut, menurut Syafrin Liputo, merupakan nilai yang didapat setelah adanya pemotongan subsidi tiket (Public Service Obligation/PSO). Jika tidak ada PSO, tarif yang dikenakan bisa Rp12 ribu.

"Maih kami bahas di tingkat provinsi, setelah kami menerima surat dari usulan DTKJ. Tentu akan ada subsidi karena tarif keekonomiannya sekitar Rp12 ribu. Selisih (Rp7 ribu) itu kan disubsidi pemerintah," jelas Syafrin.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya