Dislipidemia, Penyakit yang Selalu Ikut Jemaah Haji ke Arab Saudi

Kemenkes memberikan beberapa antisiasi untuk kurangi risiko

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut, penyakit terbanyak yang diderita oleh jemaah haji selama ini adalah dislipidemia.

Penyakit ini timbul karena tidak seimbangnya kadar lemak dalam darah. Kondisi ini pun bisa memicu munculnya penyakit lain seperti serangan jantung.

Baca Juga: Dear Jamaah, Ada Rukun Haji Bisa Diwakilkan, Tak Perlu Memaksa

1. Tahun ini ada lebih dari 70 ribu jemaah yang menderita dislipidemia

Dislipidemia, Penyakit yang Selalu Ikut Jemaah Haji ke Arab SaudiData penyakit yang banyak diderita jemaah haji (Dok. Kemenkes)

Berdasarkan data Kemenkes, jumlah jemaah haji yang menderita dislipidemia bahkan meningkat.

"Musim haji tahun ini sudah ada sebanyak 73.517 yang menderita dislipidemia," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro Susilo, saat menjadi pembicara di Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Sabtu (23/3/2024).

Agar faktor risiko dari penyakit itu tidak bertambah, Liliek mengatakan bahwa Kemenkes memiliki beberapa langkah. Pertama, pemantauan terhadap kondisi calon jemaah di daerah.

2. Jemaah juga akan mendapatkan manasik kesehatan

Dislipidemia, Penyakit yang Selalu Ikut Jemaah Haji ke Arab SaudiKepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro Susilo (Dok. Kemenag RI)

Jemaah juga akan mendapatkan bimbingan kesehatan dari Kemenkes.

"Kami juga akan melakukan manasik kesehatan, selama 8 kali akan kami periksa rutin dan pastikan yang berangkat memiliki kesiapan fisik," ujar Liliek.

3. Petugas harus lebih bugar dua kali lipat dari jemaah

Dislipidemia, Penyakit yang Selalu Ikut Jemaah Haji ke Arab SaudiKepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro Susilo (Dok. Kemenag RI)

Kemudian menjelang keberangkatan, jemaah haji pun kembali akan menerima pembinaan kesehatan. Pihak Kemenkes pun selalu mengingatkan agar jemaah membawa obat pribadi.

Sebaliknya, Liliek meminta agar para petugas haji memiliki kondisi kebugaran dua kali lipat ketimbang jemaah. Tujuannya agar menjadi contoh bagi para jemaah.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya