Jokowi akan Ungkap Nama Cawapres dalam 1-2 Minggu Ini

Siapa ya nama Cawapres yang akan mendampingi Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Masih belum terungkapnya siapa nama yang akan mendampingi Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam Pemilihan Presiden 2019 menimbulkan rasa penasaran dari banyak kalangan.

Sederet nama tokoh nasional hingga ketua umum (Ketum) partai koalisi kabinet kerja digadang-gadang masuk dalam bursa nama cawapres yang telah dikantongi oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Salah satunya adalah Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Dalam acara harlah ke-20 PKB di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Minggu malam (22/7), Jokowi pun menyinggung soal cawapres yang akan mendampinginya.

Apa kata Jokowi?

1. Jokowi persilakan para kandidat tunjukkan keseriusannya dalam waktu dekat

Jokowi akan Ungkap Nama Cawapres dalam 1-2 Minggu IniIstimewa

Jokowi mempersilakan kepada Cak Imin yang telah mendeklarasikan dirinya sebagai cawapres dengan sebutan ‘JOIN’ alias Jokowi-Cak Imin ini untuk lebih menunjukan kinerjanya dalam waktu dekat.

“Seperti disampaikan Pak Muhaimin, janur melengkungnya belum. Jadi masih ada kesempatan, kalau ingin bersaing masih ada kesempatan. Ya dalam satu dua minggu inilah kita putuskan. Jadi silakan bersaing satu-dua minggu ini,” ujar Jokowi di Hotel Sahid Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, tadi malam.

Baca juga: Bursa Cawapres Jokowi, Cak Imin Ibaratkan JK Mobil Ferarri

2. Belum ada nama cawapres yang pasti hingga saat ini

Jokowi akan Ungkap Nama Cawapres dalam 1-2 Minggu IniIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mantan Wali Kota Solo dua periode ini juga menampik telah mengantongi satu nama yang pasti bakal maju bersamanya pada saat Pilpres 2019 mendatang. Diakuinya nama tersebut masih dalam proses penggodokan hingga akhirnya pada akhir Juli atau awal Agustus akan diumumkan kepada publik.

 

“Terus terang, saya sampai saat ini, orang sampaikan, ‘Pak isi kantongnya siapa sih?’ Kadang saya juga heran, kenapa orang urusi kantong saya. Kalau mau, ke depan, ambil di kantong saya ada apa, uang tidak ada, nama juga tidak ada,” candanya.

“Karena meski saya setiap hari ketemu ketum PKB, Golkar, Hanura, PDI Perjuangan, Pak Ketum PAN, memang belum ada,” sambungnya.

Baca juga: Siap-siap, Pengguna KRL Hari Ini Gunakan Tiket Kertas

3. Tenggat waktu pendaftaran tinggal sebentar lagi

Jokowi akan Ungkap Nama Cawapres dalam 1-2 Minggu IniIDN Times/Sakti

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tanggal pendaftaran Capres dan Cawapres yang terhitung sejak tanggal 4-10 Agustus 2018. 

Berdasarkan tenggat waktu yang diberikan tersebut, partai politik atau gabungan partai politik yang telah memenuhi ambang batas pencalonan presiden yaitu 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional bisa segera mendaftarkan calonnya ke KPU.

Nah, menurut kalian siapa ya cawapres yang tepat untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 mendatang?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya