Jokowi Ulang Tahun ke-59, Jubir Presiden: Tidak Ada Perayaan

Jokowi pernah menyebut ulang tahunnya tidak pernah dirayakan

Jakarta, IDN Times - Presiden “Jokowi” Widodo merayakan hari ulang tahun yang ke-59 pada hari ini, Minggu (21/6).

Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, pada ulang tahun presiden kali ini tidak ada perayaan apapun. Hal tersebut berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ya, tidak ada perayaan ultah seperti sebelumnya," kata Fadjroel dikutip dari Antara, Minggu (21/6).

1. Jokowi memang dikenal sebagai pemimpin yang sederhana

Jokowi Ulang Tahun ke-59, Jubir Presiden: Tidak Ada PerayaanDok. Biro Pers Kepresidenan

Selama menjabat sebagai kepala negara, Jokowi memang tidak pernah merayakan ulang tahun melalui perhelatan pesta khusus. Sejak dahulu, ia memang dikenal sebagai pemimpin yang sederhana dan bersahaja dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu juga telah disampaikan Presiden di hari ulang tahun ke-58, 21 Juni tahun 2019 silam.

Pada saat itu Jokowi menekankan ulang tahunnya tidak pernah dirayakan. Yang dilakukannya hanya memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Baca Juga: Jokowi Disebut Bisa Intervensi Tuntutan Kasus Novel, Ini Kata Istana

2. Jubir presiden doakan Jokowi melalui akun media sosialnya

Jokowi Ulang Tahun ke-59, Jubir Presiden: Tidak Ada PerayaanJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 5 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Adapun Fadjroel dalam akun Instagram @fadjroelrachman menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden.

Fadjroel juga mendoakan agar Presiden selalu dalam bimbingan Allah SWT dalam memimpin bangsa Indonesia.

"Selamat ulang tahun ke-59 Minggu (21 Juni 2020), Presiden Jokowi panjang umur, selalu sehat & berbahagia bersama keluarga, selalu dalam bimbinganNYA memimpin bangsa yang besar ini Republik Indonesia menuju kemajuan & kejayaannya di dunia," tulis Fadjroel dalam akun Instagramnya.

3. Jokowi lahir di Surakarta 21 Juni 1961

Jokowi Ulang Tahun ke-59, Jubir Presiden: Tidak Ada PerayaanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961, dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi adalah anak pertama dari empat bersaudara.

Karir politik Jokowi mulai meroket ketika dirinya menjadi Wali Kota Solo. Pada usia 44 tahun, Jokowi menjadi Wali Kota Solo periode 2005-2010. Ia kembali terpilih sebagai wali kota di periode kedua 2010-2015. Namun, baru dua tahun memimpin Jokowi diminta PDI Perjuangan untuk bertarung di pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Jokowi kembali menunjukkan kehebatannya di kancah politik Tanah Air. Pada usia 51 tahun ia terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2012-2017. Belum tuntas pekerjaannya di Ibu Kota, pria lulusan UGM tersebut kembali dicalonkan oleh PDI Perjuangan untuk bertarung pada Pemilu Presiden 2014. Ia pun menjadi presiden terpilih pada usia 53 tahun hingga saat ini.

Baca Juga: Jurnalis Papua: Aparat Mencederai Omongan Jokowi soal Kebebasan Pers!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya