Lawan Virus Corona, Cak Imin: Kemanusiaan Lebih Penting dari Politik  

PKB ajak semua komponen bersatu melawan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengajak semua partai politik kompak dan bergerak bersama memerangi pandemi COVID-19.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun Kementerian Kesehatan per hari ini, kasus positif COVID-19 sudah bertambah menjadi 579 kasus dengan korban meninggal dunia 49 orang.

1. Seluruh kader partai politik harus bekerja sama dalam penanganan COVID-19

Lawan Virus Corona, Cak Imin: Kemanusiaan Lebih Penting dari Politik  Ilustrasi bendera partai (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Oleh sebab itu, seluruh pihak termasuk partai politik harus bergerak cepat untuk dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

"Kami mengajak semua parpol menggunakan seluruh struktur, kader, maupun petugas partai di legislatif dan eksekutif sebagai ujung tombak pencegahan COVID-19. Kita bersama-sama sosialisasi jaga jarak, hidup sehat dan penyebaran disinfektan," kata Cak Imin melalui keterangan tertulisnya, Senin (23/3).

2. PKB ajak semua komponen bersatu melawan COVID-19

Lawan Virus Corona, Cak Imin: Kemanusiaan Lebih Penting dari Politik  IDN Times/Irfan fathurohman

Pria yang kerap disapa Cak Imin ini menegaskan, PKB mengajak semua komponen bangsa dan negara bersatu padu, bergotong royong, dan menghilangkan ego kelompok untuk membantu penuh pemerintah dalam menangani pandemi virus yang telah menyebar di lebih dari 142 negara tersebut.

"Karena kemanusiaan adalah hal yang lebih penting dari politik," ujar Wakil Ketua DPR RI tersebut.

3. Cak Imin minta pemerintah membuat payung hukum guna mempermudah penggunaan banpol

Lawan Virus Corona, Cak Imin: Kemanusiaan Lebih Penting dari Politik  IDN Times/Daruwaskita

Ia meminta kepada pemerintah agar membuat payung hukum yang mempermudah penggunaan dana bantuan parpol (banpol), untuk dipakai dalam kegiatan pencegahan dan penanganan COVID-19.

Bagi Muhaimin, saat ini perlu disiapkan relawan terlatih yang menjadi petugas medis untuk ditempatkan di rumah sakit dan tempat-tempt penanganan wabah COVID-19.

Para relawan terlatih itu, lanjut Muhaimin, dapat membantu dokter dan pemerintah dengan penugasan dan pengawasan dari pihak yang berwenang di masing-masing daerah.

"Semua parpol memberi contoh dan menjadi pelopor gerakan #dirumahsaja #jagajarak #isolasidiri," katanya menegaskan.

Baca Juga: Siaga Corona, Gubernur Sumsel Siapkan Wisma Atlet dan Asrama Haji 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya