Comscore Tracker

Rizieq Shihab Diklaim Sudah Tes Usap, FPI: Hasilnya Negatif COVID-19

FPI enggan beberkan di mana Rizieq menjalani tes swab

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diklaim sudah menjalani tes usap atau swab test COVID-19 secara mandiri pada Minggu, 22 November 2020.

Kuasa Hukum FPI, Aziz Yanuar mengatakan, dari hasil tes usap tersebut Rizieq Shihab dinyatakan negatif COVID-19.

“Benar (hasilnya negatif),” kata Aziz saat dihubungi IDN Times, Selasa (24/11/2020).

1. FPI enggan beberkan di mana Rizieq menjalani tes usap

Rizieq Shihab Diklaim Sudah Tes Usap, FPI: Hasilnya Negatif COVID-19Kuasa Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kendati demikian, Aziz enggan membeberkan terkait di mana Rizieq Shihab menjalani tes usap tersebut hingga dinyatakan negatif COVID-19.

“Saya gak tahu, saya cuma masalah hukumnya saja,” ujarnya.

Baca Juga: Rizieq Disebut Tolak Tes COVID-19, Wagub: Bisa Terancam Denda Rp7 Juta

2. Acara Maulid Nabi dan pernikahan anak Rizieq Shihab menjadi polemik

Rizieq Shihab Diklaim Sudah Tes Usap, FPI: Hasilnya Negatif COVID-19Youtube.com/Mubarok Husein

Sebelumnya pada Sabtu, 14 November 2020, FPI menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Rizieq Shihab, Petamburan, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, turut dilangsungkan acara pernikahan putri keempat Rizieq, Syarifah Najwa Syihab, dengan Sayid Irfan Alaidrus.

Tak tanggung-tanggung, 10 ribu orang meramaikan acara Maulid Nabi sekaligus pesta resepsi pernikahan itu. Acara ini tidak digelar mendadak. Pemerintah sudah mengetahui rencana acara dari jauh-jauh hari.

Bukannya dibubarkan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 justru membagikan 20 ribu masker kepada tamu yang hadir di acara itu.

Setelah berlangsungnya dua acara itu, Rizieq tak lagi terlihat mengisi acara ceramah atau kunjungan ke sejumlah tempat yang selalu didokumentasikan oleh channel YouTube Front TV.

3. Kapolres Jakpus pastikan Rizieq akan jalani tes usap mandiri tanpa fasilitas dari pemerintah

Rizieq Shihab Diklaim Sudah Tes Usap, FPI: Hasilnya Negatif COVID-19Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto langsung mendatangi rumah Rizieq, untuk meminta dia sekeluarga menjalani tes usap usai menggelar dua hajatan besar tersebut.

“Katanya mereka mau melaksanakan ‘swab’ mandiri,” kata Heru dilansir dari ANTARA, Minggu (22/11/2020).

Heru mengatakan sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap COVID-19 pada Sabtu, 21 November 2020. Hal itu dilakukan setelah mendapat info Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar COVID-19.

Namun Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah beristirahat dan tidak menerima tamu, sehingga pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah.

Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap COVID-19 secara mandiri, tanpa fasilitas dari pemerintah.

Baca Juga: Satgas Minta Massa di Acara Rizieq Shihab Segera Tes COVID-19, Gratis!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya