Selalu Miringkan Peci, Wabup Termuda Ini Beberkan Alasannya

Dia sering dikatain gak rapi loh gara-gara pecinya miring

Surabaya, IDN Times - Warga Jawa Timur, khususnya Trenggalek pasti tidak asing dengan gambar wajah Wakil Bupatinya, Mochamad Nur Arifin yang memiliki ciri khas yaitu peci hitam tinggi dan agak miring. Cak Ipin, panggilan akrabnya, mengaku banyak orang yang menegurnya bahkan mengatainya dengan peci miring tersebut.

Padahal, sebenarnya penutup kepala tersebut punya arti lho. "Di TV sering saya dikatain. Kan kita bukan artis gak butuh keren," ujarnya sembari kembali membenarkan kemiringan pecinya ketika bertamu di kantor IDN Times, Jumat (3/8).

1. Terinspirasi dari Bung Karno

Selalu Miringkan Peci, Wabup Termuda Ini Beberkan AlasannyaIDN Times/Reza Iqbal

Cak Ipin menuturkan bahwa peci yang ia kenakan sebetulnya terinspirasi dari sosok sang proklamator, Soekarno. Bung Karno memang identik dengan peci hitam yang ia kenakan. "Soalnya bung karno itu pecinya tingga 11 cm," ujarnya sambil mencopot dan menunjukkan tinggi pecinya tersebut kepada tim IDN Times.

2. Kemiringan menunjukkan ideologi

Selalu Miringkan Peci, Wabup Termuda Ini Beberkan AlasannyaIDN Times/Reza Iqbal

Terkait pecinya yang sering miring, Cak Ipin sebenarnya memang sengaja memasangnya seperti itu. Ia menjelaskan, saat masa revolusi pra kemerdekaan, peci yang dikenakan kaum laki-laki semuanya dimiringkan untuk menunjukkan aliran politik. "Ini soal ideologi," tuturnya.

Baca Juga: 10 Potret Novita Hardini, Istri Wakil Bupati Trenggalek yang Memesona

3. Tidak malu meskipun sering dikatai

Selalu Miringkan Peci, Wabup Termuda Ini Beberkan AlasannyaIDN Times/Reza Iqbal

Cak Ipin mengaku bangga dengan peci miring yang kini menjadi identitasnya tersebut. Bahkan ia mengatakan sering orang tidak mengenalinya tanpa peci itu. "Peci ini gak ada namanya, sih. Tapi saya bangga meski sering dikatai. Mas pecinya miring," tuturnya.

Baca Juga: Yuk Bikin Sego Gegok, Kuliner Khas Trenggalek yang Nikmat Banget

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya