5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK

Ada enam orang calon yang lolos calon seleksi

Jakarta, IDN Times - Lelang jabatan untuk mengisi posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah berlangsung. Sudah ada enam orang yang dinyatakan lolos seleksi penulisan makalah.

Sebanyak lima orang merupakan jenderal Polri. Mereka adalah Brigjen Bahtiar Ujang Purnama, Brigjen Edgar Diponegoro, Brigjen Kumbul Kusdwijanto, Brigjen Rakhmad Setyadi, dan Irjen Rudi Setiawan.

Selain itu, ada Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Rudi Margono. Mereka akan disaring lagi melalui tes asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural.

Berikut adalah nama-nama calon yang akan mengisi posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

Baca Juga: Megawati Usul ke Jokowi untuk Bubarkan KPK, Kenapa?

1. Brigjen Bahtiar Ujang Purnama

5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPKBrigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama (MC Kalsel/Ar/diskominfomc.kalselprov.go.id/)

Bahtiar telah menjadi bagian internal KPK sejak 2021 sebagai Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK. Ia berhasil lolos ke tahap asesmen dengan nilai 77,84.

Sebeum di KPK, Bahtiar pernah menjadi Kapolres Purwakarta dan Bogor.

Baca Juga: Megawati Usul KPK Dibubarkan, Novel: Saya Yakin Itu Sindiran

2. Brigjen Edgar Diponegoro

5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPKBrigjen Pol Edgar Diponegoro (facebook.com/edgar.diponegoro.37)

Edgar Diponegoro saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik di Ibu Kota Negara Nusantara. Ia berhasil lolos ke tahap asesmen dengan nilai 81,32.

Edgar sebelumnya pernah menjabat sebagai Kabag Binpam Ropaminal Divisi Propam Polri di bawah pimpinan Ferdy Sambo, Sekretaris Biro Pengamanan Internal Divisi Propam Polri, serta menjadi Kapolres Kutai Timur.

Baca Juga: KPK Ungkap Kerawanan Korupsi Jelang Tahun Politik

3. Brigjen Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi

5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPKBrigjen Pol Kumbul Kusdwijanto Sudjadi (twitter.com/KPK_RI)

Kumbul saat ini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK. Ia lolos ke tahap asesmen dengan nilai 81,96.

Sebelum bertugas di KPK, Kumbul pernah menjadi Kapolres Ambon serta Analis Kebijakan Madya Pidnarkoba Bareskrim Polri.

Baca Juga: ICW: Megawati Lebih Baik Desak KPK Tuntaskan Kasus Harun Masiku

4. Brigjen Rakhmad Setyadi

5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPKBrigjen Pol Rakhmad Setyadi (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Rakhmad saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Kerja Sama dan Penyuluhan Hukum Divisi Hukum Polri. Ia lolos ke tahap asesmen dengan nilai 79,16.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Dalpres SSDM Polri.

Baca Juga: KPK Benarkan Usut Dugaan Korupsi Sistem Proteksi TKI di Kemnaker

5. Irjen Rudi Setiawan

5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPKWakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan mengungkapkan tangkapan narkotika di Sumsel dalam dua pekan Maret (Dok Humas Polda Sumsel)

Rudi saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Politik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ia lolos ke tahap asesmen dengan nilai 85,54, tertinggi dibandingkan peserta lainnya.

Sebelumnya, Rudi pernah menjabat sebagai Wakapolda Sumatra Selatan dan Lampung.

Baca Juga: Apa Tugas Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi?

6. Rudi Margono

5 Jenderal Polisi Masuk Bursa Calon Deputi Penindakan dan Eksekusi KPKKajati Riau, Rudi Margono. (sijorikepri.com)

Rudi Margono baru dilantik Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin sebagai Kepala Kejati Kepulauan Riau pada Maret 2023. Rudi menjadi satu-satunya peserta seleksi di luar kepolisian.

Ia berhasil lolos ke tahap asesmen dengan nilai 83,12.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya