Comscore Tracker

Eks Pegawai KPK Bantah Sudah Gabung ke Polri

Belum ada sikap dari 57 eks pegawai KPK

Jakarta, IDN Times - Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Hotman Tambunan membantah klaim Polri yang menyebut ada sejumlah mantan pegawai yang sudah setuju bergabung dengan kepolisian. Menurutnya, hingga saat ini belum ada sikap resmi dari 57 mantan pegawai.

"Belum ada bersikap ya, kami belum ada memberikan pilihan ke kepolisian," uajrnya kepada IDN Times pada Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Polri: Sebagian dari 57 Eks Pegawai KPK Terima Tawaran Kapolri

1. Mantan pegawai KPK sebut belum ada rencana bertemu lagi dengan polisi

Eks Pegawai KPK Bantah Sudah Gabung ke Polri57 Pegawai nonaktif mendatangi KPK pada Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Hotman mengatakan hingga saat ini baru ada sekali pertemuan resmi antara kedua belah pihak. Pada pertemuan tersebut, kepolisian baru mengutarakan niat untuk meminang mantan pegawai KPK yang dipecat setelah gagal tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Setelah itu ya kepolisian masih perlu berkoordinasi dengan Kemenpan RB, BKN, Tim Ahli. Mereka lagi menggodok itu," ujarnya.

Baca Juga: Ini Dasar Aturan Jokowi Setujui 56 Pegawai KPK Direkrut Polri

2. Keputusan setuju atau tidak akan dikembalikan pada individu mantan pegawai KPK

Eks Pegawai KPK Bantah Sudah Gabung ke Polri57 Pegawai nonaktif mendatangi KPK pada Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Hingga saat ini, kata Hotman, belum ada rencana pertemuan resmi lagi antara mantan pegawai dengan kepolisian. Ia menegaskan bahwa keputusan para mantan pegawai baru diberikan ketika ada kejelasan dari kepolisian tentang peralihan status tersebut.

"Karena ini termasuk pilihan personal, pada akhirnya dikembalikan pada masing-masing," ujarnya.

3. Polri klaim ada sebagian mantan pegawai KPK yang sudah setuju gabung dengan kepolisian

Eks Pegawai KPK Bantah Sudah Gabung ke PolriKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Mabes Polri mengklaim sebagian dari 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima tawaran Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit, untuk bergabung menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Kabag Penum Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, akan ada pertemuan lanjutan dengan 57 eks pegawai KPK bersama penyelidik, dan penyidik KPK untuk merumuskan perekrutan.

“Sudah ada perwakilan dari mereka, sebagian mereka juga akan menerima apa yang ditawarkan Kapolri,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Polri Pastikan Tidak Ada Seleksi untuk Merekrut 57 Eks Pegawai KPK

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya