Firli Bahuri Jawab Tudingan KPK Tak Akan Tangkap Harun Masiku

KPK masih punya utang mencari tiga buronan

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjawab tudingan sejumlah pihak yang menyebut pihaknya tidak akan menangkap eks Caleg PDI Perjuangan yang masih buron, Harun Masiku.

Firli tak masalah dengan komentar negatif itu. Tetapi, menurutnya tidak ada yang tidak mungkin, termasuk menangkap Harun.

"Boleh saja orang memberikan komentar. Dulu saya masih ingat ada kata-kata tidak akan mungkin Izil Azhar ditangkap, tapi faktanya bisa kita tangkap. Boleh saya orang mengatakan Ricky Ham Pagawak yang melarikan diri ke PNG juga dikatakan tidak mungkin pimpinan KPK, di bawah pimpinan Firli bisa menangkap, buktinya bisa kita tangkap," ujar Firli dalam konferensi pers laporan Semester I KPK, Senin (14/8/2023).

1. KPK bekerja sama dengan sejumlah pihak

Firli Bahuri Jawab Tudingan KPK Tak Akan Tangkap Harun MasikuKetua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryodamar)

Firli menjelaskan KPK telah melakukan berbagai upaya untuk menangkap Harun Masiku. Salah satu upayanya adalah dengan bekerja sama dengan lembaga lain.

"KPK bekerja sama dengan kementerian lembaga dan Kumham, melalui Direktorat Jenderal Imigrasi, melalui direktorat jenderal peraturan pemerintah dan AHU, dan juga menggunakan fasilitas MLE, KPK juga bekerja sama dengan Polri," ujarnya.

Baca Juga: KPK Duga Harun Masiku Berada di Asia Tenggara

2. ICW tuding KPK era Firli tak akan tangkap Harun Masiku

Firli Bahuri Jawab Tudingan KPK Tak Akan Tangkap Harun MasikuPeneliti ICW Kurnia Ramadhana (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menuding Harun Masiku tak akan tertangkap selama Firli menjabat. Sebab, menurutnya kerja KPK di bawah pimpinan Firli Bahuri erat kaitannya dengan urusan politis.

"Hal ini sekaligus mengkonfirmasi dugaan publik bahwa lembaga antirasuah melindungi Harun hampir mendekati kebenaran,"  ujar Kurnia.

3. Ada tiga buronan yang masih dicari KPK

Firli Bahuri Jawab Tudingan KPK Tak Akan Tangkap Harun MasikuIlustrasi buronan (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain Harun Masiku, KPK masih punya sejumlah buronan yang harus ditangkap. Mereka adalah:

• Kirana Kotama

• Paulus Tannos

Baca Juga: Percaya Harun Masiku Tak di Indonesia, KPK Sebut Polri Pakai Data Lama

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya