Comscore Tracker

Firli Bahuri Sebut KPK Lebih Baik Usai UU Direvisi

Firli minta didoakan agar KPK bisa lebih baik

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan bahwa KPK merupakan lembaga independen dan profesional. Hal itu membuat KPK tak bisa memenuhi harapan semua pihak dalam pemberantasan korupsi.

"Sejak awal kami menyadari begitu banyak harapan, namun kami tidak bisa bertindak sesuai opini publik saja selain menggunakannya sebagai masukan dan koreksi. Kami akan bertindak sesuai fakta hukum dan sesuai prosedur due process of law," ujar Firli dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (27/12/2021).

"Maka, kami mohon maaf jika sebagian keinginan kawan-kawan untuk memproses si A atau si B tidak bisa dilakukan dengan 'Simsalabim' lalu ditangkap," sambungnya.

Baca Juga: Reaksi Firli Usai Kapolri Mutasi Direktur Penyidikan KPK Jadi Kapolda 

1. Firli sebut KPK menerapkan trisula dalam pemberantasan korupsi

Firli Bahuri Sebut KPK Lebih Baik Usai UU DirevisiPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua KPK Firli Bahuri tiba untuk menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (9/12/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

KPK saat ini menerapkan konsep trisula dalam pemberantasan korupsi. Trisula pertama adalah pendidikan sebagai upaya membangun dan menanamkan  nilai antikorupsi. Kedua, adalah pencegahan dan pemantauan di mana KPK akan fokus di hulu dengan menelaah dan mencegah korupsi.

"Trisula terakhir adalah penindakan yang tidak sekadar pemidanaan badan, tetapi hal penting adalah pengembalian kerugian negara hingga perampasan aset hasil korupsi demi pemulihan kerugian negara," ujar Firli.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Curhat ke Jokowi, Ngaku Kekurangan Pegawai 

2. Firli klaim revisi UU KPK menjadikan KPK lebih baik

Firli Bahuri Sebut KPK Lebih Baik Usai UU DirevisiPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua KPK Firli Bahuri tiba untuk menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (9/12/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Pensiunan Polri ini menyebut revisi Undang-Undang KPK membuat lembaga antikorupsi itu tambah kuat. Sebab, KPK bekerja dalam sistem pemerintahan yang baik dalam membangun orkestra pemberantasan korupsi di bawah kepemimpinan Presiden.

"Tidak ada pemberantasan korupsi yang  bisa dilakoni sendiri. Mungkin mimpi itu pernah ada pada sebagian kalangan, tapi itu utopia. Kita sering menciptakan pahlawan dalam sistem pemberantasan korupsi, padahal sistem itu memerlukan integrator.

3. Firli minta semua pihak doakan supaya KPK lebih baik

Firli Bahuri Sebut KPK Lebih Baik Usai UU DirevisiKetua KPK Firli Bahuri (IDN Times/Aryodamar)

Firli menegaskan bahwa KPK pimpinannya bakal bekerja sampai akhir periode sesuai dengan amanat Undang-Undang. Ia pun berharap doa semua pihak agar dapat bekerja semakin baik.

"Doakan KPK ke depan bisa semakin profesional dan independen dalam menjalankan fungsi-fungsi membangun orkestra pemberantasan korupsi bagi keseluruhan sistem dan kelembagaan negara sehingga tercipta budaya Antikorupsi," ujarnya.

Baca Juga: KPK Ungkap Modus Korupsi BUMN: Pakai Jasa Konsultan Miliaran Gak Jelas

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya