Jokowi Alasan PBB Dukung Prabowo Subianto Jadi Presiden 2024

PBB deklarasi dukung Prabowo Subianto pada 30 Juli 2023

Jakarta, IDN Times - Partai Bulan Bintang akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi bakal calon Presiden RI 2024-2029. Ada sejumlah alasan mengapa partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu akan mendukung Prabowo.

Salah satu alasannya adalah karena Prabowo dinilai akan melanjutkan program yang telah dijalankan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menteri Pertahanan itu dinilai sosok yang sering berkomitmen dengan PBB.

"Prabowo sosok negarawan dan komitmen kebangsaan jelas dalam melanjutkan program-program Jokowi," ujar Sekjen Partai Bulan Bintang, Afriansyah Noor saat dihubungi IDN Times pada Senin (17/7/2023).

1. Yusril Ihza Mahendra dinilai layak jadi Cawapres Prabowo

Jokowi Alasan PBB Dukung Prabowo Subianto Jadi Presiden 2024Pertemuan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2023 (dok. Tim Media Prabowo)

Afriansyah menyadari partainya tidak lolos parlemen pada Pemilu Legislatif 2019-2024. Meski begitu, PBB merasa punya sosok ketua umum yang layak disodorkan sebagai bakal calon Wakil Presiden RI mendampingi Prabowo Subianto.

"Kami punya sosok Ketum yang mumpuni untuk jadi cawapres. Beliau pernah jadi menteri dan ahli hukum tata negara," ujarnya.

Baca Juga: Yusril dan Putranya Ikut Nyaleg, Berharap Lolos di Pileg 2024 

2. PBB deklarasi dukung Prabowo Subianto pada 30 Juli 2023

Jokowi Alasan PBB Dukung Prabowo Subianto Jadi Presiden 2024Pertemuan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2023 (dok. Tim Media Prabowo)

PBB rencananya akan mendeklarasikan secara resmi dukungan bagi Prabowo Subianto pada akhir bulan ini. Deklarasi itu dilakukan bertepatan dengan peringatan hari lahir PBB.

"Rencana deklarasinya pada Minggu, 30 Juli 2023," ujarnya.

3. Daftar partai yang disebut mendukung Prabowo Subianto

Jokowi Alasan PBB Dukung Prabowo Subianto Jadi Presiden 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Seperti diketahui, Prabowo Subianto diusung dua partai parlemen untuk menjadi bakal calon Presiden RI 2024 yakni Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa. Keduanya pun sepakat membentuk koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Tak cuma partai yang lolos ke DPR, Prabowo juga didukung sejumlah parai nonparlemen. Sejauh ini, yang telah memberikan sinyal dukungan adalah Partai Gelora dan PBB.

Baca Juga: Yusril Ingatkan Koalisi Besar Berpotensi Sebabkan Satu Paslon di 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya