Yusril dan Putranya Ikut Nyaleg, Berharap Lolos di Pileg 2024 

PBB mendaftarkan 580 bakal caleg di pileg 2024

Jakarta, IDN Times - Partai Bulan dan Bintang (PBB) mendaftarkan 580 bakal caleg yang akan berlaga di Pemilu Legislatif 2024. Rombongan PBB tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Sabtu, (13/5/2023) pukul 13:00 WIB. Ketum Yusril Ihza Mahendra yang memimpin rombongan kader PBB ke kantor KPU. Menurut Yusril, PBB mendaftar di hari baik pada tanggal 13, pukul 13.00 dengan nomor urut parpol ke-13. 

"Kami barusan menyerahkan berkas daftar calon anggota DPR RI kepada KPU. Seluruh calon yang didaftarkan mencapai 580. Jadi, artinya telah memenuhi 100 persen dari ketentuan yang berlaku. Hari ini sudah diterima dengan baik oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari," ungkap Yusril di KPU pada siang ini. 

Ia menambahkan bila masih ada kesempatan berkas yang perlu diperbaiki maka masih ada kesempatan hingga Minggu esok. "Pada prinsipnya PBB siap ikut pemilu 2024 dan alhamdulilah PBB sekarang sudah lebih baik keadaannya. Kami telah melakukan pembenahan ke dalam organisasi dan perbaikan anggota untuk melakukan konsolidasi internal dan terjalin dengan baik," tutur dia. 

Sementara, Sekretaris Jenderal PBB, Afriansyah Noor menyebut ada sejumlah caleg unggulan yang disiapkan. Termasuk sang ketum PBB, Yusril. 

"Ketua Umum kami tampil di DKI 1," ujar Afriansyah. 

Ini bukan kali pertama Yusril mendaftarkan diri jadi caleg. Pada Pemilu 2019, ia juga maju nyaleg dari dapil DKI III. Namun, tidak lolos. 

 

1. Wakil Sekjen PBB ikut maju nyaleg di Dapil Jabar 5, putra Yusril maju dari Bangka Belitung

Yusril dan Putranya Ikut Nyaleg, Berharap Lolos di Pileg 2024 Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Afriansyah mengatakan bahwa dirinya juga maju nyaleg dari Dapil V Jawa Barat yakni di Kabupaten Bogor. "Sementara, putra Pak Yusril maju di Bangka Belitung," kata dia. 

Selain itu, ada pula Fuad Zakaria yag maju di dapil Jabar 3 hingga wakil Sekjen PBB, Azanil Kelana dari dapil Jabar 10. 

"Ada banyak lagi caleg yang memang tidak bisa kami sebutkan satu per satu," ujarnya. 

Baca Juga: Rekam Jejak Yusril Ihza Mahendra, Advokat Terseret Kisruh Demokrat

2. PBB memenuhi kuota komposisi perempuan 30 persen

Yusril dan Putranya Ikut Nyaleg, Berharap Lolos di Pileg 2024 Yusril Ihza Mahendra (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Lebih lanjut, Afriansyah mengatakan bahwa PBB juga sudah memenuhi target lebih dari 30 persen untuk kursi caleg bagi perempuan. "Kami mengalokasikan hampir 40 persen, sesuai kuota. Mudah-mudahan caleg perempuan ini bisa kami dapati dan lolos ke DPR RI," ujarnya. 

3. PBB berambisi bakal lolos parliamentary treshold 4 persen pada Pemilu 2024

Yusril dan Putranya Ikut Nyaleg, Berharap Lolos di Pileg 2024 Gedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

Di sisi lain, Afriansyah mengakui bahwa pertarungan untuk bisa lolos ke Senayan tidak mudah. PBB hampir tiga periode tidak tembus ke parliamentary treshold. Itu lah yang menjadi pekerjaan rumah bagi PBB di Pemilu 2024. 

"Ini pun saya diminta oleh Prof Yusril dan teman-teman PBB untuk membenahi infrastruktur hingga ke tingkat ranting partai. Kami juga mempersiapkan saksi-saksi hingga di tingkat tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) pun ada," ujarnya. 

Menurutnya, pembenahan itu cukup keras dilakukan tetapi hal tersebut perlu dilakukan agar bisa lolos ambang batas parlemen 4 persen. 

Baca Juga: Ikuti PDIP, PBB Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya