Kapasitas RS di Jakarta Kritis, Anies dan Luhut Gelar Rapat Khusus 

Kapasitas RS dan tempat tidur isolasi COVID DKI nyaris penuh

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan akan menggelar rapat dengan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Kamis (8/7/2021). Rapat akan membahas proyeksi peningkatan kapasitas tempat tidur untuk penanganan pandemik COVID-19. 

"Nanti kita ada rapat koordinasi (Rakor) khusus tentang peningkatan kapasitas rumah sakit dan apa yang kami paparkan minggu lalu nanti akan diputuskan sama- dalam Rakor," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

1. Anies klaim sudah siapkan skenario 100 ribu kasus aktif

Kapasitas RS di Jakarta Kritis, Anies dan Luhut Gelar Rapat Khusus Gubernur DKI Jakarta melakukan inspeksi ke sejumlah perusahaan untuk tegakkan aturan WFH PPKM Darurat (instagram.com/aniesbaswedan)

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan skenario adanya 100 ribu kasus aktif sejak lama. Menurutnya, hal tersebut bakal dibahas dalam rapat bersama Luhut. 

"Nanti akan diputuskan mana-mana saja yang akan dilaksanakan," jelas Anies.

Baca Juga: Kapolda Metro: COVID-19 Jakarta Jangan Jadi Kisah Sedih Tak Berujung 

2. Kapasitas rumah sakit dan tempat tidur isolasi COVID-19 DKI nyaris penuh

Kapasitas RS di Jakarta Kritis, Anies dan Luhut Gelar Rapat Khusus Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Diketahui kapasitas rumah sakit dan isolasi untuk COVID-19 di Jakarta hampir penuh. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan bahwa tempat tidur ICU untuk COVID-19 telah terisi 94 persen atau sudah terisi 1.295 dari total 1.377 ruang ICU. 

Sementara itu, kapasitas tempat tidur isolasi di Jakarta juga hampir penuh yakni terisi 92 persen dari kapasitas maksimal. Dwi mengatakan, tempat tidur isolasi tersedia sejumlah 11.214 dengan total pasien isolasi sebanyak 10.333 orang.

3. Virus corona di Jakarta telah menembus 610.303 kasus

Kapasitas RS di Jakarta Kritis, Anies dan Luhut Gelar Rapat Khusus Petugas kesehatan mendampingi pasien COVID-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tiba di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas COVID-19 nasional, sudah terdapat 610.303 kasus COVID-19 di Jakarta hingga Rabu, 7 April 2021. Dari jumlah tersebut sebanyak 501.083 telah sembuh dan 8.991 meninggal dunia. 

Jumlah kasus COVID-19 secara nasional telah mencapai 2.379.397. dari jumlah tersebut, sebanyak 1.973.388 telah sembuh dan 62.908 meninggal dunia.

Baca Juga: Sebaran Lokasi Vaksinasi COVID di DKI Jakarta, Cek di Sini

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya