KPK Selidiki Dugaan Korupsi Rafael Alun Trisambodo

KPK akan kembangkan kasus ayah Mario Dandy Satrio ini

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meningkatkan status pemeriksa Pejabat Pajak, Rafael Alun Trisambodo ke tahap penyelidikan. KPK saat ini tengah mencari unsur dugaan korupsi yang menjerat ayah Mario Dandy Satrio itu.

Penyeldikan merupakan upaya KPK mencari bukti awal untuk menjadi dasar penetapan tersangka, ketika kasus naik ke tahap penyidikan.

"Baru kemarin sore diputuskan pimpinan, ini masuk lidik," ujar Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: Mengurai Benang Kusut 'Rekening Gendut' Pejabat Pajak Rafael Alun

1. KPK akan kembangkan kasus Rafael Alun

KPK Selidiki Dugaan Korupsi Rafael Alun TrisambodoDeputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan (IDN Times/Aryodamar)

Pahala menyebut, KPK tetap akan mengembangkan kasus Rafael Alun. Salah satunya adalah terkait kepemilikan saham di salah satu perusahaan yang sama dengan orang pajak lainnya.

"Saya terbitkan surat tugas pemeriksaan buat orang pajak yang baru," ujarnya.

Baca Juga: KPK Nilai Wajar Banyak Pejabat Pajak Punya Moge

2. KPK kembali singgung adanya 'geng' di Ditjen Pajak

KPK Selidiki Dugaan Korupsi Rafael Alun TrisambodoDeputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan (IDN Times/Aryodamar)

Pejabat pajak yang baru in, kata Pahala, satu angkatan dengan Rafael Alun. Menurutnya, hal itu semakin menegaskan adanya 'geng' di tubuh lembaga Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

"Itu geng tuh ada, ada banget. Ini angkatan dia juga. Iya, pejabat juga," ujarnya.

"Nanti kita cari lagi. Tenang aja, LHKPN kan banyak. Cari saja yang punya perusahaan, nanti saya adu-adu juga lama-lama kebuka," imbuhnya.

Baca Juga: Tak Hanya Rafael Alun, Tahun 2022 KPK Klarifikasi 195 LHKPN Pejabat 

3. Kekayaan Rafael Alun jadi sorotan publik

KPK Selidiki Dugaan Korupsi Rafael Alun TrisambodoMantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Diketahui, kekayaan Rafael Alun Trisambodo sebesar Rp56,1 miliar menjadi sorotan publik usai anaknya, Mario Dandy Satrio jadi tersangka penganiayaan anak di bawah umur. Publik menilai,, kekayaan Rafael Alun tidak wajar untuk seorang pejabat Ditjen Pajak eselon III.

KPK sempat meminta klarifikasi Rafael Alun selama 8,5 jam. Tak hanya itu, KPK juga memeriksa secara langsung aset-aset terlapor maupun yang didiuga milik Rafael Alun.

Baca Juga: KPK Endus Eks Pegawai Pajak yang Diduga Bantu Rafael Sembunyikan Uang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya