Laporkan PSI ke Polda Metro Jaya, Ini Komentar Ketua Fraksi Demokrat

Ucapan Rian Ernest dianggap mencoreng nama DPRD DKI

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi Partai Demokrat-PAN DPRD DKI Jakarta Taufiqurrahman akhirnya melaporkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest ke Polda Metro Jaya. Rian dilaporkan atas ucapannya di media massa yang menuding ada politik uang dalam proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.

“Saya siang hari ini ke Polda Metro Jaya ingin melaporkan atas apa yang telah terjadi dan saya anggap itu merugikan diri saya dan saya akan melaporkan,” kata Taufiqurrahman kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/7).

1. Tuduhan Rian dianggap mencoreng nama DPRD

Laporkan PSI ke Polda Metro Jaya, Ini Komentar Ketua Fraksi DemokratDok.IDNTimes/istimewa

Pernyataan Rian soal politik uang dianggap menjelekkan citra anggota legislatif Kebon Sirih. Sejumlah anggota dewan pun menantang Rian untuk membuktikan perkataannya itu.

"Saya dari Fraksi Nasdem merasa PSI juga harus membuktikan apa yang dia sampaikan itu tidak melanggar aturan yang ada," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus.

Baca Juga: Tuding Ada Politik Uang, Gerindra: Rian Ernest Sedang Berhalusinasi

2. PKS tantang PSI buktikan tuduhan

Laporkan PSI ke Polda Metro Jaya, Ini Komentar Ketua Fraksi DemokratIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra sebagai partai pengusung cawagub juga tak tinggal diam atas pernyataan Rian. 

Ketua Fraksi PKS Abdurahman Suhami meminta bukti tudingan itu karena pernyataan bisa merusak marwah institusi DPRD DKI.

"Pertama yang menuduh itu harus membuktikan. Jadi itu bisa menjatuhkan anggota dewan. Kalau dibilang begitu bisa menjatuhkan anggota dewan dan bisa mencemarkan nama baik," ujar Suhaimi.

3. Gerindra setuju argumentasi PSI, tapi harus dibuktikan

Laporkan PSI ke Polda Metro Jaya, Ini Komentar Ketua Fraksi DemokratIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu Ketua Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik dia setuju bila proses pemilihan Wagub diawasi. Namun tudingan mengenai praktik politik uang ini juga harus dibuktikan.

"Kita kan baru dengar-dengar aja. Disuruh buktiin aja, saya kira setujulah untuk diawasi. Kemudian harus dibuktiin jangan cuma ngomong gitu loh. Saran saya bunyiin dong ayo kita proses. Saya sebagai ketua Gerindra akan men-support itu," ucapnya.

Baca Juga: PSI Desak Pemilihan Cawagub DKI Jakarta Berlangsung Transparan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You