Comscore Tracker

Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion Persija

Pembangunan Stadion Persija ditargetkan selesai 2021

Jakarta, IDN Times - Janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membangun Stadion BMW, yang kini disebut Stadion Persija, di Sunter, Jakarta Utara, akan segera terealisasi.

Pemprov DKI Jakarta rencananya akan melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking pada Maret 2019.

"Saat ini sedang persiapan, rencananya ground breaking 15 Maret 2019," ujar Direktur Proyek Jakpro, Iwan Takwin ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (19/2).

1. Stadion BMW ditargetkan rampung 2021

Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion Persija(Area Taman BMW yang akan jadi Stadion Persija) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Iwan mengatakan bahwa pihaknya menargetkan pembangunan Stadion Persija rampung pada 2021. Sehingga stadion yang direncanakan mampu menampung 80 ribu penonton ini sudah bisa digunakan.

"Ditargetkan (pembangunannya) selesai pada akhir 2021," ujar Iwan.

2. Fasilitas Stadion Persija tak hanya untuk sepak bola saja

Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion PersijaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Lebih lanjut, Iwan mengatakan bahwa nantinya Stadion Persija akan ditunjang dengan berbagai fasilitas yang bisa digunakan masyarakat seperti mal dan tempat tinggal.

"Di kulit luar bangunan akan ada big screen yang bisa digunakan nobar (nonton bareng) bagi orang-orang yang gak bisa masuk, ada fasilitas komersial mal, kantor dan residensial dan hotel, serta fasilitas pembinaan olahraga dan fasilitas rekreasi di luar olahraga," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa stadion itu nantinya juga bisa digunakan untuk acara non-olahraga seperti konser.

Baca Juga: Anies: Stadion Baru Jadi Kado Kemenangan Persija

3. Warga sekitar akan dilibatkan

Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion Persija(Area Taman BMW yang akan jadi Stadion Persija) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pembangunan Stadion Persija dikhawatirkan akan mengorbankan warga sekitar yakni warga Kampung Bayam, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menjawab kekhawatiran itu, Jakpro menjamin warga sekitar akan dilibatkan agar tak dikorbankan.

"Kami akan mendesain adanya urban farming di kawasan stadion yang nanti pengelolaannya melibatkan penduduk sekitar," Ujar Iwan.

4. DPRD DKI Jakarta hanya setujui anggaran Rp400 Milliar

Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion Persija(Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno saat meninjau lokasi Taman BMW yang akan dibangun Stadion Persija) Instagram/@sandiuno

PT Jakarta Propertindo akan menerima penyertaan modal daerah (PMD) sebesar Rp400 miliar dari pengajuan awal Rp1,6 triliun untuk membangun Stadion Persija, di Jakarta Utara.

Sekretaris PT JakPro, Hani Sumarno mengatakan, pihaknya menyayangkan keputusan DPRD DKI tersebut.

"DPRD DKI Jakarta telah memutuskan untuk memberikan dana PMD ke JakPro sebesar Rp 400 miliar. PMD yang diajukan Rp1,6 triliun, sekarang dapat Rp400 miliar, kan beda," kata Hani, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/11).

5. Karena anggaran lebih kecil dari pengajuan awal, Jakpro akan lakukan penyesuaian

Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion Persija(Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto) ANTARA News/FIanda Sjofjan Rassat

Meski anggaran yang disetujui jumlahnya jauh lebih kecil dari pengajuan awal, Hani mengaku akan melakukan pengaturan kembali agar stadion tetap bisa dibangun.

"Belum tahu (akan meminimalisir rencana pembangunan stadion), ini kan baru kemarin keputusannya. Kita tidak bisa mendahului proses-proses yang akan dilakukan karena ini baru "akan"," ucapnya.

Baca Juga: Pembangunan Stadion Persija Telantarkan Warga, Ini Jawaban JakPro

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You