Prabowo Mendadak Minta Aksi di MK Dibatalkan, TKN Siap Tanggung Jawab

TKN sempat klaim ada 100 ribu massa yang akan hadir

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Prabowo Subianto meminta pendukungnya tak melakukan aksi massa di depan Mahkamah Konstitusi pada Jumat, 19 April 2024. TKN pun siap bertanggung jawab dengan pembatalan itu.

"Kami selaku Komandan Relawan TKN Prabowo-Gibran bertanggung jawab atas pembatalan aksi ini, dan mulai malam ini tim kami akan bekerja hingga pagi untuk melakukan sosialiasi pada seluruh pendukung yang telah mempersiapkan kedatangannya pada aksi damai yang telah viral di berbagai media sosial dan media massa," ujar Komandan TKN Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti, dalam konferensi pers, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: TKN: Prabowo Minta Pendukungnya Tak Gelar Aksi Massa di MK

1. Prabowo khawatir terjadi gesekan

Prabowo Mendadak Minta Aksi di MK Dibatalkan, TKN Siap Tanggung JawabCalon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto hadir di acara ‘Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran Se-Sulsel’ di Gor Sudiang pada Jumat (2/2/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Haris mengatakan, salah satu alasan Prabowo meminta pendukungnya tak menggelar aksi adalah kekhawatiran akan terjadinya gesekan dengan kelompok pendukung lain. Ia pun meminta aksi tersebut dialksanakan di masing-masing markas pemenangan.

"Kami menilai kepercayaan publik terhadap proses pemilu sudah sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan berlangsungnya Pilpres 2024 yang sangat aman damai sepanjang era reformasi. Karena itu, kami tidak menghendaki prestasi demokrasi yang kita capai saat ini dinodai dan dicederai jika aksi massa besok diprovokasi dan memicu keributan," ujarnya.

2. TKN klaim ada 75 ribuan massa yang akan hadir ke MK

Prabowo Mendadak Minta Aksi di MK Dibatalkan, TKN Siap Tanggung Jawab(IDN Times/Dok TKN)

Haris mengatakan, sampai malam ini masih ada relawan dari berbagai daerah yang berencana melakukan aksi di Mahkamah Konstitusi. Bahkan, mereka ada yang naik pesawat dan kereta untuk sampai ke Jakarta.

"Hingga malam ini sudah sekitar 75 ribu massa pendukung dan pemilih Prabowo-Gibran yang berasal dan di antaranya 350-an komunitas relawan telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam aksi massa damai Kawal Suara Prabowo-Gibran, pada Jumat 19 April 2024 di depan Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

3. Prabowo minta pendukungnya tak beri tekanan politik ke MK

Prabowo Mendadak Minta Aksi di MK Dibatalkan, TKN Siap Tanggung JawabSusana sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (3/4/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Meski begitu, Prabowo tetap meminta aksi dibatalkan baik dalam bentuk gerakan massa maupun amicus curiae ke MK. Haris menyebut, Prabowo tak ingin pendukungnya memberikan tekanan politik ke MK.

"Pak Prabowo minta pada seluruh pendukung dan pemilih Prabowo-Gibran agar menyelenggarakan acara politik tersebut di markas-markas atau sekretariat relawan masing-masing," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya