Soal Foto Starbucks Tutupi Ka'bah, Zita Anjani: Untuk Pancing Diskusi

Zita pamerkan donasi untuk Palestina dan minta publik bijak

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani, menjawab serangan publik terkait unggahan foto kopi Starbucks dengan latar belakang Ka'bah. Ia mengaku sengaja mengunggahnya untuk memancing diskusi.

"Kok bisa brand itu masih dijual bebas di Tanah Suci?" ujar Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu seperti dikuti dari media sosialnya, Sabtu (27/4/2024).

1. Zita pamerkan sejumlah aksi untuk Palestina

Soal Foto Starbucks Tutupi Ka'bah, Zita Anjani: Untuk Pancing DiskusiWakil Ketua DPRD, Zita Anjani unggah foto Starbuck/instagramzita_anjani

Zita menyebut, pesan yang ia maksud tidak tersampaikan dengan baik pada publik. Justru malah ia mendapatkan cacian.

"Bukan membela diri, tapi saya tahu jelas di barisan saya berdiri. Saya Zita Anjani, I stand with Palestine," ujarnya.

Ia pun turut menyebutkan sejumlah upayanya dan PAN dalam membantu Palestina. Seperti menyumbang Jam Rolex senilai Rp500 juta hingga menggalang donasi.

"November 2023 saya mulai donasi dengan menyumbangkan jam tangan kesayangan saya, lalu diikuti teman-teman kader PAN dan masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Zita Anjani Unggah Foto Starbucks di Makkah, MUI: Melukai Umat Islam

2. Zita Anjani minta publik lebih bijak

Soal Foto Starbucks Tutupi Ka'bah, Zita Anjani: Untuk Pancing DiskusiWakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani /Instagram zita

Pendukung Prabowo Subianto-Gibrann Rakabuming Raka dalam Pemilu Presiden 2024 itu kemudian merasa publik salah fokus pada unggahan tersebut. Ia meminta publik lebih bijak.

"Saya mengajak kita semua agar lebih bijak dengan narasi yang mudah dibuat di media sosial. Bahwa dari satu foto muncul banyak narasi liar lainnya," ujarnya.

"Pihak tertentu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memecah belah kita," imbuhnya.

3. MUI kecam Zita Anjani

Soal Foto Starbucks Tutupi Ka'bah, Zita Anjani: Untuk Pancing DiskusiIlustrasi gedung MUI Pusat di Jakarta (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam aksi Zita Anjani tersebut. Menurutnya, aksi Zita melukai mayoritas umat Islam yang selama ini memberikan rasa simpati dan empati pada Palestina.

"Perbuatan Zita Anjani itu tidak pantas, tidak sensitif dan melukai umat Islam yang selama ini berjuang untuk memboikot produk yang terafiliasi dengan Israel,” kata Ikhsan Abdullah kepada IDN Times saat dihubungi.

Ikhsan mengkritik keras sikap Zita Anjani tersebut karena terkesan tidak mendidik dan tidak memberikan contoh yang baik sebagai seorang figur publik.

Terakhir, dia kembali mengingatkan bahwa perbuatan Zita Anjani telah melukai perasaan umat Islam.

“Seharusnya dia memberikan contoh sebagai anaknya public figure ya kan,” ujar dia.

Baca Juga: Unggah Foto Starbuck di Makkah, Putri Zulhas Zita Anjani Panen Kecaman

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya