Survei Polstat: Mayoritas Yakin Jokowi Dukung Prabowo, Bukan Ganjar

Hanya 38,3 persen responden yang yakin Jokowi dukung Ganjar

Jakarta, IDN Times -  Lembaga Survei Polstat Indonesia merilis laporan survei nasional periode Agustus 2023 pada Rabu (9/8/2023). Ada sejumlah aspek yang disurvei responden dari 34 provinsi di Indonesia.

Salah satunya adalah mengenai dukungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Pemilu Presiden 2024. Mayoritas responden yakin Jokowi lebih mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, ketimbang kader PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

"Hasil survei Polstat Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar publik atau 46,8 persen responden meyakini bahwa endorsement Presiden Jokowi untuk kontestasi Pilpres 2024 nanti akan sepenuhnya diberikan kepada Prabowo Subianto," ujar Peneliti Senior Polstat Indonesia, Apna Permana.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

1. Hanya 38,3 persen responden yang yakin Jokowi dukung Ganjar Pranowo

Survei Polstat: Mayoritas Yakin Jokowi Dukung Prabowo, Bukan GanjarPresiden Jokowi ajak Ganjar Pranowo naik Pesawat Kepresidenan (Agus Suparto/Fotografer Presiden)

Permana menjelaskan terdapat 38,3 persen responden yang masih yakin Jokowi mendukung Ganjar Pranowo. Namun, ada 14,9 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

"Sebagian dari mereka meyakini bahwa endorsement Presiden JOkowi akan diberikan kepada Prabowo maupun Ganjar," ujarnya.

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

2. Mayoritas yakin Prabowo Subianto sosok yak mampu lanjutkan program kerja Jokowi

Survei Polstat: Mayoritas Yakin Jokowi Dukung Prabowo, Bukan GanjarDok. Sekretariat Kabinet RI

Selain itu, Polstat Indonesia melakukan survei tentang keyakinan responden terhadap siapa sosok yang mampu melanjutkan program kerja Presiden Jokowi. Sebanyak 42,2 persen responden yakin Prabowo adalah sosok yang mampu melanjutkannya.

"Sedangkan Ganjar Pranowo dengan 29,6 persen responden dan Anies Baswedan 14,8 persen. Sisanya menjawab tidak tahu," ujarnya.

Baca Juga: Gara-Gara Prabowo, 2 Caleg PSI Keluar dari Partai

3. Survei berlangsung 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2023

Survei Polstat: Mayoritas Yakin Jokowi Dukung Prabowo, Bukan Ganjarilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui, suvei dilakukan Polstat Indonesia pada 28 Juli sampai 4 Agustus 2023 di 34 provinsi di Indonesia. Terdapat 1.200 WNI berusia lebih dari 17 tahun sebagai responden acak bertingkat.

Margin of error survei ini kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh tenaga ahli.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya