Comscore Tracker

Warga DKI yang Isolasi Mandiri Bisa Dapat Sembako, Bagaimana Caranya?

Sembako bisa didapatkan dengan melapor ke pengurus RT dan RW

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan pihaknya akan memberi bantuan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Bantuan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta itu berupa sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan selama menjalani isolasi mandiri.

"Ada kebutuhan pangan atau buffer stock untuk warga yang melaksanakan isolasi mandiri dan keluarganya dalam satu rumah pada lokasi pelaksanaan PPKM berbasis mikro," kata Premi dalam siaran langsung diskusi virtual di Youtube BPSDM DKI Jakarta pada Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Jumlah Pasien Isolasi Mandiri di Rusun Pasar Rumput Menurun 

1. Sembako bisa didapatkan dengan melapor ke pengurus RT dan RW

Warga DKI yang Isolasi Mandiri Bisa Dapat Sembako, Bagaimana Caranya?Bantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Premi menjelaskan, sembako itu bisa didapatkan dengan cara mealpor kepada pengurus RT dan RW tempat dilakukan isolasi mandiri. Nantinya, pengurus RT adn RW akan meneruskan laporan ke lurah dengan melampirkan surat keterangan dari puskesmas bahwa yang bersangkutan sedang menjalani isolasi mandiri.

Jika keluarga tersebut tak bisa memasak karena sedang menjalani isolasi mandiri, mereka bisa melapor kepada RT-RW hingga lurah untuk bisa menerima makanan siap saji.

"Kalau memang tidak bisa masak, bapak-ibu bisa melaporkan kepada lurah bahwa kami tidak bisa masak karena sedang menderita COVID-19. Nanti itu akan dibantu dengan makanan siap saji, dapur umum yang dibuat oleh suku dinas sosial yang ada," jelas Premi.

2. Daftar sembako untuk pasien isolasi mandiri di rumah

Warga DKI yang Isolasi Mandiri Bisa Dapat Sembako, Bagaimana Caranya?ilustrasi bantuan sembako di tengah wabah COVID-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Bantuan sembako untuk pasien isolasi mandiri di rumah terdiri dari berbagai macam kebutuhan pokok. RInciannya adalah beras kualitas premium 20 kilogram, mie instan 1 dus, ikan kaleng sebanyak 7 kaleng, minyak goreng 2 liter, dan biskuit 650 gram sebanyak 1 kaleng.

Baca Juga: [WANSUS] Menelisik Fenomena Kematian Pasien COVID-19 Isolasi Mandiri

3. Daftar sembako untuk pasien isolasi di fasilitas pemerintah

Warga DKI yang Isolasi Mandiri Bisa Dapat Sembako, Bagaimana Caranya?Ilustrasi pembagian sembako. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menjamin bantuan makanan dan minuman bagi pasien isolasi mandiri yang dirawat di fasilitas milik pemerintah.

Rincian bantuan bagi pasien positif COVID-19  di lokasi isolasi milik Pemprov yaitu makan siap saji ada 3 kali sehari selama masa isolasi, air mineral 1,5 liter sebanyak 2 botol per hari, dan makanan ringan 1 boks sehari.

Baca Juga: Kisah Para Tamu Isoman dan Bisnis Hotel yang Mencoba Bertahan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya