[CEK FAKTA] Pak Jokowi, Ini Lho Jumlah Bahasa Daerah Indonesia

Belum semua bahasa daerah, dialek, subdialek diidentifikasi

Jakarta, IDN Times – Dalam debat keempat Pilpres 2019, Calon Presiden nomor urut 01 Joko ‘Jokowi’ Widodo mengatakan pentingnya memberikan pendidikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terkait hal itu, Jokowi menyebut ada 714 suku di Indonesia dan 1.100 bahasa bahasa daerah sehingga anak-anak di Indonesia harus diajarkan berkawan sejak dini.

“Anak anak juga harus diberitahu bagaimana berkawan dengan saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang memiliki lebih dari 1.100 bahasa daerah yang berbeda-beda. Anak anak juga harus diberitahu bagaimana bertoleransi karena kita ini berbeda-beda,” kata Jokowi di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Minggu (30/3).

Faktanya, menurut survei Badan Pusat Statistik sensus penduduk 2010, Indonesia memiliki 1.331 bahasa daerah.

Sementara itu, Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan melakukan penelitian untuk pemetaan bahasa di Indonesia sejak 1991 hingga 2017. Hasilnya, bahasa daerah (tidak termasuk dialek dan subdialek) di Indonesia yang telah diidentifikasi dan divalidasi sebanyak 668 bahasa dari 2.468 daerah pengamaan.

Jika berdasarkan akumulasi persebaran bahasa daerah per provinsi, bahasa di Indonesia berjumlah 750. Bahasa di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat belum semua teridentifikasi.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Anggaran Pertahanan Gak Kecil-kecil Amat Kok, Pak Jokowi

[CEK FAKTA] Pak Jokowi, Ini Lho Jumlah Bahasa Daerah IndonesiaIDN Times/Sukma Shakti

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya