Pura-pura Jadi Pembeli, OTK Bacok Pedagang di Intan Jaya

Polisi berjanji akan mengungkap dan menangkap pelaku

Intan Jaya, IDN Times – Seorang pedagang kios di Kampung Wandoga, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, dibacok orang tak dikenal (OTK), Sabtu (15/7/2023) pagi. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, kasus itu ditangani Polres Intan Jaya.

"Kepolisian Resor Intan Jaya tengah menangani kasus penganiayaan berat yang menimpa seorang pedagang di Kampung Wandoga, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Sabtu (15/7) pagi tadi," kata Benny lewat keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu siang.

Benny menambahkan, polisi menerima laporan kasus pembacokan itu dari sejumlah warga yang melapor ke Polsek Sugapa pada pukul 06.10 WIT.

“Mereka memberitahu polisi bahwa OA (40) telah mengalami pembacokan di kiosnya yang berlokasi di Kampung Wandoga,” tuturnya.

Baca Juga: Profil Tri Soewandono, Eks Sesmenko Polhukam dan Ketua TGPF Intan Jaya

1. Kronologi pembacokan

Pura-pura Jadi Pembeli, OTK Bacok Pedagang di Intan JayaKorban bacokan di Sugapa, Intan Jaya, dievakuasi ke RSUD Mimika untuk perawatan lebih lanjut. (IDN Times/Endy Langobelen)

Kapolres Intan Jaya, AKBP Afrizal Asri, menjelaskan, peristiwa itu terjadi ketika korban dan saudara iparnya membersihkan bagian depan kios pada pagi hari.

Seseorang yang tak diketahui identitasnya datang ke kios itu sambil membawa parang. Pelaku mengaku hendak membeli biskuit.

“Saudara ipar korban melayani pelaku tersebut. Saat korban mengambil minyak goreng dari kios sebelah, pelaku tiba-tiba membacoknya di bagian belakang leher sehingga korban menderita luka sobek dan berteriak minta tolong, yang kemudian pelaku berhasil melarikan diri,” terangnya.

Berdasarkan keterangan warga, saudara ipar korban sempat berusaha menolong pedagang tersebut. Namun, pelaku melemparkan parang ke arah saudara ipar korban dan kabur ke arah Kampung Wandoga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, korban mengalami luka di bagian leher. Selain itu, terdapat luka bacok di bagian punggung.

2. Ciri-ciri pelaku

Pura-pura Jadi Pembeli, OTK Bacok Pedagang di Intan JayaKorban pembacokan di Sugapa, Intan Jaya, saat dievakuasi ke Mimika, Papua Tengah. (IDN Times/Istimewa)

AKBP Afrizal menyampaikan, polisi sedang memeriksa sejumlah saksi terkait kasus pembacokan itu. Polisi menyebut, pelaku merupakan warga setempat dengan ciri-ciri memiliki brewok, tubuh tinggi dan kurus, memakai jaket hitam, celan pendek jins, dan topi hitam.

“Saat ini, korban OA (40) sedang dalam perawatan medis. Luka sabetan di bagian belakang lehernya mencapai sekitar 12 cm. Namun, korban masih dalam keadaan sadar diri. Untuk penanganan lebih lanjut, korban akan dievakuasi ke Kabupaten Timika,” tutur Kapolres.

Baca Juga: Jenazah TNI Korban Kontak Tembak di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

3. Polisi buru pelaku

Pura-pura Jadi Pembeli, OTK Bacok Pedagang di Intan Jayailustrasi borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

AKBP Afrizal mengatakan, polisi telah mendatangi lokasi kejadian untuk mendalami kasus pembacokan itu. Polisi juga memeriksa sejumlah saksi dan korban. Korban pun telah dibawa ke puskesmas dan membuat laporan polisi.

“Pihak kepolisian berjanji akan bekerja keras untuk mengungkap kasus ini dan menangkap pelaku pembacokan tersebut guna menjalani proses hukum yang sesuai sehingga tidak terjadi lagi hal-hal seperti demikian di Kabupaten Intan Jaya," pungkasnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya