Tiba di Papua, Wapres Ma'ruf Bakal Serahkan BPJS hingga Kunjungi RS

Rombongan Wapres menginap di Rimba Papua Hotel

Timika, IDN Times – Memulai agenda kunjungan kerjanya selama sepekan di Tanah Papua, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, tiba di Hanggar Airfast Bandara Moses Kilangin Timika, Papua Tengah, Selasa (11/7/2023) pukul 18.00 WIT. 

Di bawah guyuran hujan deras, rombongan Wapres Ma'ruf Amin mendarat di Timika menggunakan pesawat khusus kepresidenan milik TNI AU B-737/A-7305 yang dipiloti Letkol Pnb Erick. 

Setelah melaksanakan unboarding dari pesawat, pukul 18.30 WIT, rombongan disambut pejabat TNI/Polri, Kabinda Papua, dan Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah. 

Selanjutnya Wapres Ma'ruf Amin beserta rombongan bergerak meninggalkan Bandara Moses Kilangin menuju tempat penginapan di Rimba Papua Hotel (RPH) yang berada tidak jauh dari lokasi bandara.

Ma'ruf Amin direncanakan berada di Timika selama tiga hari, mulai dari 11 hingga 13 Juli 2023. Selama di Timika, tepatnya pada Rabu (12/7/2023), Ma'ruf Amin bakal menjalani beberapa agenda kegiatan.

Di antaranya kegiatan penyerahan secara simbolis BPJS Ketenagakerjaan kepada 5 orang orang asli Papua, kunjungan ke Institut Pertambangan Nemangkawi, serta peninjauan operasi katarak dan bibir sumbing di RSUD Kabupaten Mimika.

1. Warga diminta sukseskan kunjungan Wapres

Tiba di Papua, Wapres Ma'ruf Bakal Serahkan BPJS hingga Kunjungi RSPenjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito. (IDN Times/Endy Langobelen)

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan kunjungan kerja Wapres, Ma'ruf Amin, ke Mimika, Papua Tengah. 

Diketahui, Wapres Ma'ruf Amin bakal berkunjung di Mimika selama tiga hari, mulai dari 11 hingga 13 Juni 2023. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Kunjungi Mimika, Pj Bupati: Tunjukkan Kita Satu Kesatuan

2. Dukungan dari setiap pihak sangat dibutuhkan

Tiba di Papua, Wapres Ma'ruf Bakal Serahkan BPJS hingga Kunjungi RSPenjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito. (IDN Times/Endy Langobelen)

Menurut Valent, keberlangsungan kegiatan kunjungan Wapres tersebut sangat membutuhkan dukungan setiap pihak, baik dari pemerintah daerah, aparat keamanan, maupun masyarakat. 

"Jadi, ini betul-betul dibutuhkan dukungan kita, dukungan masyarakat Mimika keseluruhan untuk bisa menyukseskan kunjungan tersebut," ujar Valent saat ditemui di pelataran Kantor Pusat Pemerintahan, Jalan Poros SP3, Timika, Papua Tengah, Senin (10/7/2023). 

Baca Juga: Ribuan Personel Disiagakan Amankan Kunker Wapres ke Mimika

3. Kunjungan Wapres adalah momen menujukkan persatuan di Mimika

Tiba di Papua, Wapres Ma'ruf Bakal Serahkan BPJS hingga Kunjungi RSWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Valent menyebutkan, kegiatan kunjungan Wapres ini merupakan salah satu momen untuk memperlihatkan bagaimana persatuan dan kesatuan yang telah terbangun di Mimika. 

"Ini kesempatan kita menunjukkan bahwa kita masyarakat Mimika, kita Pemda Mimika betul-betul menjadi satu kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dengan menunjukkan hal yang baik," tuturnya. 

Meski demikian, Valent tetap berharap agar persatuan dan kesatuan tersebut tidak hanya ditampilkan di saat kunjungan Wapres saja, melainkan betul-betul dilakukan setiap harinya.

Baca Juga: Dikunjungi Wapres, RSUD Mimika Gelar Pengobatan hingga Sembako Gratis

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya