Shin Sulit Panggil Pemain TC, Erick Thohir: Timnas Jadi Prioritas

Erick Thohir kembali hidupkan Badan Tim Nasional

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI terpilih, Erick Thohir, angkat bicara soal sulitnya Shin Tae Yong memanggil pemain Timnas Indonesia U-20 untuk ikut pemusatan latihan (TC). Dia meminta klub Liga 1 untuk melepas pemainnya dan prioritaskan membela skuad Garuda.

Sebelumnya, Shin mengeluh soal beberapa pemain yang tak diizinkan mengikuti TC Timnas U-20. Hal itu membuat hibungan dia dengan pelatih Persija Thomas Doll memanas. Terlebih, pelatih asal Jerman itu enggan melepas pemain andalan Persija yang mentas di Liga 1.

“Mengenai isu pemain tetap kami dorong. Saya rasa Pak Zainudin Amali [Menpora] dan saya sudah menelepon beberapa klub dan pemiliknya untuk bisa berkomitmen bahwa ini demi merah putih. Timnas Indonesia harus menjadi prioritas,” kata Erick dalam konferensi pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

1. Erick akan tuntaskan masalah klub yang sulit beri izin pemain gabung Timnas U-20

Shin Sulit Panggil Pemain TC, Erick Thohir: Timnas Jadi PrioritasJustin Hubner dan Ivar Jenner berpotensi ikut Timnas U-20 TC ke Spanyol. (Instagram/@ivarjnr).

Erick menyiratkan, paham soal kegalauan klub yang kehilangan pemainnya lantaran di panggil Timnas U-20. Namun, hal itu tak bisa dihindari lantaran saat ini Timnas U-20 sedang menyiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 2023. 

“Kita tidak mungkin menciptakan yang namanya timnas yang baik kalau liga kita pun dihitung salah satu yang terbawah di Asia Tenggara. Nah ini yang harus kita perbaiki supaya ada kesinambungan antara pembinaan, liga profesional, dan tim nasional. Ini yang akan kami dorong, isu pemain akan coba kita tuntaskan bagaimana ada keterbukaan hati daripada para pemilik klub itu sendiri,” ujar Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga: Erick Buat Gebrakan, PSSI Hidupkan BTN Demi Katrol Prestasi Timnas

2. Erick Thohir kembali hidupkan Badan Tim Nasional (BTN)

Shin Sulit Panggil Pemain TC, Erick Thohir: Timnas Jadi PrioritasKetua Umum PSSI, Erick Thohir, saat berbicara soal pembentukan komite Adhoc Suporter untuk meminimalkan kerusuhan suporter di lapangan. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Di sisi lain, setelah menjabat sebagai Ketum PSSI yang baru, Erick juga membuat gebrakan dengan menghidupkan kembali  Badan Tim Nasional (BTN) Indonesia.

Sebagaimana diketahui, BTN merupakan badan bentukan PSSI yang ditugaskan untuk mengelola timnas di berbagai kelompok usia. Mereka bertanggung jawab dalam pembentukan tim dan hal teknis menyangkut persiapan skuad jelang turnamen.

“Kami juga memastikan pembentukan Badan Tim Nasional (BTN), yang mana kita harus memastikan kita punya agenda besar mau main di piala dunia 2040,” ujar Erick.

3. BTN dihidupkan demi jalankan blueprint sepak bola Indonesia

Shin Sulit Panggil Pemain TC, Erick Thohir: Timnas Jadi PrioritasErick Thohir di Bali jelang KLB PSSI. (Dok. B.E.D.A.)

Erick menyebut, pembentukan BTN dilakukan untuk mendukung blueprint sepak bola Indonesia. Menurut dia, hal serupa sudah dilakukan India yang lebih dulu membuat blueprint sepak bola 2023 hingga 2047.

“Kalau negara lain seperti India saja sudah punya, kita juga tidak boleh ketinggalan. karena itu salah satunya, BTN punya blueprint jangka panjang bagaimana persiapan Timnas Indonesia,” ujar Ketum PSSI Erick Thohir.

Baca Juga: Erick Thohir: PSSI Bentuk Komite Adhoc untuk Bangun Training Center

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya