Baut Dicuri, Jembatan Cipendawa Bekasi Ambles Sedalam 10 Sentimeter

Perbaikan butuh waktu hingga satu bulan

Bekasi, IDN Times - Jembatan Jalan Baru Cipendawa yang berlokasi di Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi ambles sedalam 10 sentimeter. 

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto menceritakan, amblesnya jembatan Cipendawa itu sudah sering terjadi. Pihaknya juga telah berulang kali memperbaiki jalan itu. 

"Awal laporan ketahuan dari teman-teman URC (Unit Reaksi Cepat), kita setiap ada lubang di titik tersebut dibenerin (terus) turun lagi dibenerin, turun lagi abis itu kita cek ke bawah," katanya kepada wartawan, Jumat (26/1/2024). 

Baca Juga: Pelaku Begal Bersenpi Beraksi di Bekasi, Modus Jadi Korban Kecelakaan

1. Banyak baut yang hilang

Baut Dicuri, Jembatan Cipendawa Bekasi Ambles Sedalam 10 SentimeterJembatan Cipendawa Bekasi ambles. (IDN Times/Imam Faishal)

Setelah diselidiki, lanjut Idi, pihaknya menemukan beberapa baut yang hilang diduga dicuri oleh masyarakat. 

"Ternyata benar ada beberapa baut yang sudah hilang dicuri orang tak bertanggung jawab, sehingga menyebabkan turun (jembatan)," jelasnya. 

Akibatnya, jalan yang berada di atas jembatan mengalami ambles sedalam 5 hingga 10 centimeter. 

2. BMSDA melakukan perbaikan

Baut Dicuri, Jembatan Cipendawa Bekasi Ambles Sedalam 10 SentimeterJembatan Cipendawa Bekasi ambles. (IDN Times/Imam Faishal)

Saat ini, lanjut Adi, pihaknya tengah melakukan identifikasi jalan tersebut untuk mengetahui separah apa kerusakan akibat hilangnya beberapa baut di kolong jembatan. 

"Tim URC kita turun untuk mengidentifikasi lebih jelas lagi  kerusakan sejauh mana, agar dalam waktu dua atau tiga hari akan kita lakukan penanganan optimal," jelasnya. 

Setelah berhasil diidentifikasi kerusakannya, Dinas BMSDA akan melakukan perbaikan yang ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan kedepan. 

"Setelah itu akan langsung kita action. Sambil kita mulai penggantian bautnya kita angkat lagi posisikan ke semula, baru kita pasang baut-bautnya. Setelah itu, kita perbaiki jalan berlubangnya. (Targetnya) tiga minggu sampai satu bulan," ungkap Idi. 

3. Jembatan ditutup

Baut Dicuri, Jembatan Cipendawa Bekasi Ambles Sedalam 10 SentimeterJembatan Cipendawa Bekasi ambles. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bekasi untuk menutup sementara jembatan tersebut. Sementara, warga dapat melewati jembatan yang berada di sebelahnya. 

"Sore kemarin kita tahu ada baut hilang turun, langsung ditutup sama Dishub karena membahayakan. Masyarakat kita imbau menghindari Jalan Cipendawa karena sedang dilakukan penutupan satu jembatan untuk perbaikan," jelas Idi. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya