Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bekasi, Warga: Kok Tegak Lurus

Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit

Bekasi, IDN Times - Warga Bekasi dihebohkan dengan fenomena Hari Tanpa Bayangan. Fenomena ini terjadi pada Senin (9/10/2023) pukul 11.39 WIB. 

Seorang warga bernama Tyo (25) mengungkapkan kebingungannya dengan fenomena hari tanpa bayangan. Sebab, dia baru pertama kali menyadari adanya fenomena itu. 

"Kaget banget lihatnya. Kalau hari biasa mah (bayangan) ada di samping kita, ini mah tepat di bawah kita. Unik banget, baru tahu saya juga ada hari tanpa bayangan," katanya. 

Baca Juga: Hari Tanpa Bayangan Kembali Hadir di Indonesia, Ini Jadwal Lengkapnya

1. Bayangan tegak lurus

Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bekasi, Warga: Kok Tegak LurusWarga Kota Bekasi, Syarif. (IDN Times/Imam Faishal)

Warga lainnya bernama Syarif (33) pun sempat heran dengan fenomena yang membuat bayangannya tegak lurus dengan tubuhnya. Dia mengatakan, fenomena itu berdurasi kurang lebih 5 menit. 

"Ya saya ngerasa sih bayangan saya kok tegak lurus, biasanya nyerong. Ada lima menitan lah saya rasakan, saya sempet heran, kok bisa tegak lurus gini," ungkapnya. 

Meski ada fenomena itu, dia tidak merasakan ada perubahan suhu di Kota Bekasi. "Kalau suhu udara mah sama panasnya kayak hari sebelumnya," jelas dia. 

2. Penjelasan BMKG

Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bekasi, Warga: Kok Tegak LurusPosisi bayangan berada tepat di bawah. (IDN Times/Imam Faishal)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan resminya menjelaskan, Hari Tanpa Bayangan atau Kulminasi adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. 

Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. 

3. Jadwal fenomena Hari Tanpa Bayangan

Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bekasi, Warga: Kok Tegak LurusIlustrasi matahari. (IDN Times/Imam Faishal)

Fenomena Hari Tanpa Bayangan dapat dirasakan di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Berikut waktu tanpa bayangan di sekitar Kota Bekasi:

- Cikarang : Selasa (10/10/2023) pukul 11:38:27 WIB

- Cibinong : Selasa (10/10/2023) pukul 11:39:51 WIB

- Bogor : Selasa (10/10/2023) pukul 11:39:54 WIB

- Depok : Selasa (10/10/2023) pukul 11:40:03 WIB

Baca Juga: Kulminasi Matahari di Pontianak Belum Masuk Kalender Wisata Nasional

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya