Hidung Bocah 3 Tahun di Bekasi Kemasukan Tutup Pulpen

Ada dua korban di dalam satu rumah

Bekasi, IDN Times - Seorang bocah berinisial AS yang baru berusia 3 tahun kemasukan tutup pulpen di hidungnya. Peristiwa itu terjadi di rumahnya yang berlokasi di Jalan Sadewa Raya, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Minggu (8/10/2023) malam. 

Petugas Rescue Damkar Kota Bekasi Kompi B, Rafi Sufyan menceritakan, peristiwa tersebut diketahui dari laporan ayah korban. Awalnya sang ayah meminta ke Damkar untuk melepaskan cincin dari jari kakak AS. Namun ternyata di saat yang sama, terjadi peristiwa lain yakni hidung AS kemasukan tutup pulpen.

"Kalau kronologi itu, laporan pertama yakni lepasin cincin itu abangnya di wilayah Rawalumbu. Berangkatlah kita ke sana," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (10/10/2023). 

Baca Juga: Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bekasi, Warga: Kok Tegak Lurus

1. Ada dua korban di satu lokasi

Hidung Bocah 3 Tahun di Bekasi Kemasukan Tutup PulpenHidung bocah di Bekasi kemasukan tutup pulpen. (Dokumen Damkar Kota Bekasi)

Saat Rafi dan timnya tiba di rumah korban, ternyata terdapat korban lainnya yang harus segera mendapatkan pertolongan. 

"Tiba-tiba ada anak kecil yang datang yang merupakan adiknya yang lepas cincin juga, ternyata kemasukan tutup pulpen," jelasnya. 

"Jadi satu tempat, satu kartu keluarga ada dua korban. Yang abangnya cincin tidak bisa lepas, dan adiknya berusia 3 tahun kemasukan tutup pulpen di hidungnya," papar Rafi. 

2. Lepas dari pengawasan

Hidung Bocah 3 Tahun di Bekasi Kemasukan Tutup PulpenIlustrasi anak-anak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Rafi mengatakan, korban AS lepas dari pengawasan orang tuanya saat bermain pulpen. Saat itu, ujung pulpen sedang dimasukan ke hidungnya dan diputar-putar. 

"Kronologisnya itu, lepas pengawasan pada saat bermain pulpen dan ngorek-ngorek hidung itu (pakai) pulpen, namanya bocah kecil kan," katanya. 

Untuk proses pengambilan tutup pulpen dari hidung, lanjut Rafi, dia hanya bermodalkan senter dan pinset. 

"Pertama saya senter dulu, karena cukup dalam saya menggunakan pinset plastik yang kecil dan modal bismillah saja. Alhamdulillah bisa teratasi," ungkapnya. 

3. Kedua korban berhasil ditangani

Hidung Bocah 3 Tahun di Bekasi Kemasukan Tutup PulpenHidung bocah di Bekasi kemasukan tutup pulpen. (Dokumen Damkar Kota Bekasi)

Dia juga menyebut, dirinya harus berhati-hati saat mengambil tutup pulpen itu. Sebab, AS merasakan geli saat pinset memasuki lobang hidungnya. 

"Kendalanya karena ini bocah kecil, lubang hidungnya kecil dia agak gremet-gremet ya karena mungkin geli ya. Nah kendalanya itu doang," jelasnya. 

Dia juga memastikan, AS tidak mengalami luka setelah diambil tutup pulpen tersebut. Sementara cincin yang mengikat di jari kakak AS juga berhasil dilepas. 

"Aman, alhamdulillah tidak ada (darah). Kedua korban selamat, evakuasi lancar," tegasnya. 

Baca Juga: DPRD Bekasi Minta Dinkes Serius Tangani Kasus Anak Wafat Usai Operasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya