Naik 1 Juta Suara, PKB Pede Maju Pilgub Jabar Lawan Ridwan Kamil

Kenaikan jumlah suara membuat kursi PKB di DPRD bertambah

Bekasi, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) percaya diri maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Hal itu dikarenakan perolehan suara PKB di Jawa Barat pada Pemilu 2024 meningkat sangat drastis. 

"PKB mengalami kenaikan suara yang cukup signifikan. Se-Jawa barat, kami naik satu juta lebih suara," Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat, Syaiful Huda kepada wartawan di Bekasi, Senin (18/3/2024). 

1. Kursi PKB di DPRD bertambah

Naik 1 Juta Suara, PKB Pede Maju Pilgub Jabar Lawan Ridwan KamilIlustrasi rapat paripurna DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Syaiful mengatakan, kenaikan suara membuat PKB menambahkan kursinya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Pada Pemilu 2019, PKB di Kota Bekasi hanya mendapatkan satu kursi. Namun, pada Pemilu 2024 PKB mendapatkan 5 kursi untuk DPRD Kota Bekasi. 

"Yang naik signifikan di Kabupaten Bekasi, dari 1 kursi sekarang 7 kursi. Di Kabupaten Bandung dari 6 kursi naik jadi 12 kursi. Termasuk yang naiknya ada yang 5 di sini, Kota Bekasi," kata Syaiful. 

Baca Juga: Dapat Dua Kursi DPRD Kota Bekasi, Ini yang Ingin Diperjuangkan PSI

2. Cak Imin effect membuat suara PKB melambung

Naik 1 Juta Suara, PKB Pede Maju Pilgub Jabar Lawan Ridwan KamilCapres dan cawapres nomor satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak usai menggelar rapat bareng THN Timnas AMIN sikapi pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Dia juga menyampaikan, terdapat dua hal yang membuat suara PKB melambung tinggi. Yang pertama yakni seluruh kader PKB sangat bekerja keras pada Pemilu 2024.

Yang kedua, lanjut Syaiful, ada peran Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mencalonkan dir sebagai calon wakil presiden 2024.

"Yang kedua memang ada Cak Imin effect ketika mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden, mesin partai hidup sehidup-hidupnya, semua kader bergerak, solidaritas terjadi, jadi, memang cukup signifikan, karena itu di Jawa Barat, di nasional, PKB mengalami lonjakan suara yang cukup luar biasa," katanya. 

 

Baca Juga: Respons Ida Fauziyah Diusulkan PKB Jadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024

3. Pede maju di Pilgub Jawa Barat lawan Ridwan Kamil

Naik 1 Juta Suara, PKB Pede Maju Pilgub Jabar Lawan Ridwan KamilMantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan hasil yang luar biasa itu, PKB pun percaya diri maju dalam Pilgub 2024. Syaiful pun sudah mendeklarasikan dirinya dan sudah siap melawan Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat. 

"Jadi posisinya kami memang sudah komunikasi levelnya sudah mau bangun koalisi, kalau figur sudah selesai. Jadi bangun koalisi, mencocokan. InsyaAllah kami akan bikin poros di luar poros kang Ridwan Kamil," jelasnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya