Plt Wali Kota Bekasi Tegur Kadispora soal Izin buat PKS Pakai Stadion

Kadispora akui tidak cermat dalam memberikan izin

Bekasi, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, menegur Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Ahmad Zarkasih setelah terjadinya pencabutan izin lokasi kunjungan Anies Baswedan di Stadion Patriot Candrabhaga pada Jum'at (28/7/2023) lalu. 

Teguran tersebut tertuang dalam Surat Plt. Wali Kota Bekasi Nomor: 862.1/5461/BKPSDM.Adap tanggal 31 Juli 2023, hal teguran kepada Kadispora Kota Bekasi. 

Diketahui, sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mendapatkan izin dari Dispora Kota Bekasi pada Rabu (26/7/2023) lalu, untuk menggunakan Stadion Patriot bersama bakal calon presiden Anies Baswedan. 

Baca Juga: Sapa Masyarakat, Anies Baswedan Datangi Acara PKS di Bekasi

1. Kadispora tidak cermat

Plt Wali Kota Bekasi Tegur Kadispora soal Izin buat PKS Pakai StadionStadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi (Imam Faishal/IDN Times)

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi Nadih Arifin mengatakan, teguran tersebut karena Zarkasih tidak teliti melihat peraturan PSSI yang tidak membolehkan kegiataan apapun 48 jam sebelum pertandingan. 

"Dalam surat disampaikan bahwa Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga tidak cermat dalam melakukan pembahasan pemakaian stadion, dimana tidak memperhatikan aturan Pertandingan Liga 1 2023/2024 yang dikeluarkan oleh PSSI," katanya melalui keterangan tertulis dikutip, Rabu (2/8/2023). 

"Sehingga menimbulkan kesalahpahaman dan kegaduhan pada masyarakat," tambahnya. 

2. Kadispora akui lalai

Plt Wali Kota Bekasi Tegur Kadispora soal Izin buat PKS Pakai StadionKetua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara. (IDN Times/Imam Faishal)

Nadih juga mengatakan, teguran akan diberikan Plt Wali Kota Bekasi kepada perangkat daerah lainnya apabila dalam pelaksanaan tugas tidak cermat dan tidak teliti.

Mendapat teguran ini, Kadispora Ahmad Zarkasih menyebutnya sebagai bahan evaluasi dalam melaksanakan tugas.

"Saya menerima teguran ini dan tentunya sebagai evalusi ke depan agar lebih cermat dan teliti lagi dalam melaksanakan tugas," jelasnya. 

3. Plt Wali Kota Bekasi Cabut Izin Kunjungan Anies

Plt Wali Kota Bekasi Tegur Kadispora soal Izin buat PKS Pakai StadionBakal Capres 2024, Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan. (IDN Times/Imam Faishal))

Sebelumnya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi gagal menyelengarakan acara senam sehat bersama calon presiden (capres) Anies Baswedan, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (29/7/2023) pagi. 

Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan izin pada Rabu, 26 Juli 2023, dengan perjanjian dilarang menginjak rumput lapangan Stadion Patriot. 

"Sebelum surat izin keluar, kami dengan Kepala Dispora survei ke sana (Stadion Patriot) kita akan komitmen tidak akan menginjak rumput yang akan menjadi pertandingan, kita akan menggunakan jogging track," katanya kepada wartawan, Jumat (28/7/2023). 

Meski tidak diberikan izin untuk menggunakan Stadion Patriot, DPD PKS Kota Bekasi tetap menggelar acara dengan menghadirkan Anies Baswedan. 

Namun, acara tersebut digantikan dengan konsep Flashmob yang dilaksanakan mulai dari Jalan Raya Kalimalang hingga Jalan Protokol Ahmad Yani, tanpa menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya