Polisi Siagakan 1.591 Personel Gabungan Amankan Nataru di Bekasi

Polisi juga akan razia pedagang petasan

Bekasi, IDN Times - Polres Metro Bekasi Kota menyiagakan 1.591 personel gabungan untuk mengamankan momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Dani Hamdani menjelaskan, personel gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, dan instansi dari Pemerintah Kota Bekasi. 

"Pengamanan anggota di Nataru itu secara keseluruhan berjumlah 1.591 yang terdiri dari kepolisian ada seribu orang, TNI, instansi terkait (seperti) Dinas Perhubungan, Dinkes dan ada ormas, Pramuka," kata Dani kepada wartawan, Jumat (22/12/2023). 

Baca Juga: Simak, Ini Jadwal Contraflow Selama Libur Nataru Berlaku Hari Ini

1. Pengamanan hingga 2 Januari 2024

Polisi Siagakan 1.591 Personel Gabungan Amankan Nataru di BekasiKapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Dani Hamdani. (IDN Times/Imam Faishal)

Dani mengatakan, kegiatan pengamanan libur Nataru sudah dimulai sejak Jumat (22/12/2023) hingga Selasa (2/1/2024) mendatang. 

Dia juga menjelaskan, pihaknya sudah menyiagakan pos pengamanan yang tersebar di 12 kecamatan. Selain berfungsi untuk pengamanan, pos itu juga berfungsi untuk memantau dan mengatur lalu lintas selama libur Nataru. 

"Yang sudah kita siapkan di situ ada di stasiun, di Harapan Indah, yang paling utama di depan Mega Bekasi (Tol Bekasi Barat), itu nanti yang jadi posko kita untuk mengetahui bagaimana arus lalu lintas maupun jalur orang melakukan liburan saat Natal dan Tahun Baru," kata Dani. 

2. Persiapkan rekayasa lalu lintas

Polisi Siagakan 1.591 Personel Gabungan Amankan Nataru di BekasiPetugas Dishub sedang memantau CCTV di Posyan Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Untuk mengatasi kemacetan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dishub Kota Bekasi untuk melakukan rekayasa lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan. 

"Jalan tol ini akan menjadi prioritas bagi Polda Metro Jaya. Namun demikian, kita juga persiapkan di arteri. Kita persiapkan koordinasi dengan lantas pada saat jalur sudah padat. Nanti kita tempatkan posko di sekitar perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi," jelas Dani. 

3. Razia pedagang petasan

Polisi Siagakan 1.591 Personel Gabungan Amankan Nataru di BekasiRazia petasan daya ledak tinggi

Dia juga menambahkan, pihaknya akan menggelar razia pedagang petasan untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat perayaan malam tahun baru. 

"Akan dilakukan penegakan hukum seperti razia-razia di tempat yang jual petasan. Dengan imbauan dan dilakukan razia ini mudah-mudahan suasana malam tahun baru nanti terkendali," ujar Dani. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya