Siaga Saat Mudik, Kemenkes Siapkan Public Safety Center 119  

6.047 pos kesehatan disiapkan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek mengimbau para pemudik untuk menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119 apabila terjadi kejadian gawat darurat kesehatan saat perjalanan mudik. Kemenkes telah menyiagakan sebanyak 188 PSC 119 untuk mendukung kelancaran dan keamanan saat mudik 2019.

"Pelayanan ini siap siaga selama 24 jam,” kata Menkes Nila Moeloek saat tinjauan mudik bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (26/5).

Baca Juga: Konsultasi Perkara Gugatan Pemilu 2019, Kubu Jokowi-Amin Sambangi MK

1. PSC 119 terintegrasi di beberapa daerah

Siaga Saat Mudik, Kemenkes Siapkan Public Safety Center 119  Dok.IDN Times/Istimewa

Nila menjelaskan, PSC 119 memiliki jaringan yang terintegrasi dan terpadu di beberapa daerah. National Commando Centre (NCC) PSC 119 terpusat di Kementerian Kesehatan. Apabila ada kejadian di suatu daerah, komando pusat akan menghubungi PSC 119 terdekat dari titik peristiwa.

“Jika di daerah tempat terjadi peristiwa tidak ada PSC 119, komando pusat akan langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan puskesmas/rumah sakit terdekat untuk melakukan pertolongan pertama gawat darurat dan stabilisasi bagi korban,” kata Nila.

2. Pemda didorong membentuk PSC 119

Siaga Saat Mudik, Kemenkes Siapkan Public Safety Center 119  Dok.IDN Times/Istimewa

Nila mendorong kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk membentuk PSC yang nantinya bisa terintegrasi dengan komando pusat di Jakarta. Hal tersebut sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 mengenai Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang menyebutkan bahwa setiap kabupaten/kota harus membentuk PSC.

Sejak tahun 2016, layanan cepat tanggap darurat 119 terus berinovasi. Salah satunya, inovasi ambulans roda dua untuk mempercepat jangkauan ke lokasi peristiwa kegawatdaruratan kesehatan.

"Ambulans roda dua ini cukup efektif saat lalu lintas sedang padat dan menjangkau area yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat," jelas dia.

3. Ambulans roda dua dapat menjangkau lokasi peristiwa kegawatdaruratan kesehatan

Siaga Saat Mudik, Kemenkes Siapkan Public Safety Center 119  IDN Times/Ardiansyah Fajar

Jika terjadi kejadian kegawatdaruratan, sambung Nila, ambulans roda dua diatur untuk meluncur terlebih dahulu ke lokasi dan melakukan pertolongan pertama. Setelah itu, ambulans roda empat menyusul untuk mengevakuasi korban.

“Jangan ragu untuk menghubungi 119. Kami akan siap melayani para pemudik kapan pun dan di mana pun,” ungkap Nila.

4. 6.047 pos kesehatan disiapkan

Siaga Saat Mudik, Kemenkes Siapkan Public Safety Center 119  IDN Times/Ardiansyah Fajar

Kementerian Kesehatan menyediakan pos kesehatan sebanyak 6.047 di seluruh provinsi. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, Kemenkes menyediakan pelayanan kesehatan itu full time 24 jam bagi pemudik.

"Hal itu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk cek kesehatan," kata Nila.

5. Hipertensi dan diabetes mendominasi pemudik

Siaga Saat Mudik, Kemenkes Siapkan Public Safety Center 119  Dok.IDN Times/Istimewa

Nila mengatakan, kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Di Indonesia, penyakit hipertensi dan diabetes mendominasi para pemudik dan pengemudi, sehingga perlu upaya promotif dan preventif.

“Posko kesehatan telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 lebaran, begitupun pelayanan kesehatan lainnya juga siap selama 24 jam, tenaga kesehatan juga tetap bekerja dengan sistem shifting tentunya,” jelas Nila.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya