Targetkan 11 Ribu Imunisasi MR, Pemkab Gorontalo Incar MURI

Sosialisasi akan segera dilakukan

Gorontalo, IDN Times - Program Imunisasi Measles Rubella (MR) akan dilaksanakan kembali pada Agustus hingga September tahun ini. Kali ini pelaksanaanya di luar Pulau Jawa. Pemerintah Kabupaten Gorontalo menargetkan sebanyak 11 ribu anak mendapatkan imunisasi MR.

Saat ini, pemerintah tengah berencana untuk melakukan sosialisasi. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir mengatakan, sosialisasi mulai dilakukan setelah kunjungan kerja Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat ini.

“Sudah ada jadwalnya. Kami akan kumpul semua sektor untuk sosialisasi, kemudian konferensi pers supaya MR bisa maksimal,” kata Roni di Gorontalo, Selasa (17/7).

1. Sosialisasi imunisasi dilakukan lintas sektor

Targetkan 11 Ribu Imunisasi MR, Pemkab Gorontalo Incar MURIIDN Times/Indiana Malia

Sosialisasi dilakukan dengan melibatkan dinas kesehatan provinsi dan kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa. Terkait vaksin dan peralatan pun sudah dipersiapkan oleh pemerintah provinsi.

"Begitupun dengan coldchain, kondisinya sebagian yang sudah ada sekarang terdapat lima coldchain yang rusak," kata Roni.

Namun, pemerintah telah menganggarkan lebih dari Rp500 juta untuk pengadaan coldchain yang baru. Imunisasi MR akan dilaksanakan di sekolah-sekolah. Roni mengatakan akan berkoordinasi dengan kepala dinas pendidikan untuk memudahkan dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Di SMK 1 Limboto, Gorontalo Kesehatan Reproduksi Jadi Pelajaran Wajib

2. Wisuda Baduta ditargetkan masuk MURI

Targetkan 11 Ribu Imunisasi MR, Pemkab Gorontalo Incar MURIIDN Times/Indiana Malia

Roni berencana akan menggelar wisuda imunisasi Baduta akbar agar dapat masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). Rencana itu akan direalisasikan pada November tahun ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional di Gorontalo.

"Sertifikat wisuda imunisasi menjadi salah satu syarat untuk bisa melanjutkan ke sekolah dasar. Kami selalu berupaya agar semua anak mendapatkan sertifikat dengan imunisasi dasar lengkap," ujarnya.

3. Akan melakukan sweeping ke rumah warga

Targetkan 11 Ribu Imunisasi MR, Pemkab Gorontalo Incar MURIIDN Times/Indiana Malia

“Bila perlu kami lakukan sweeping. Kami punya data by name by adress. Kami datang ke rumahnya kalau ada yang belum diimunisasi. Jika ada yang belum langkap (imunisasi) kami ajukan untuk lakukan lagi,” kata Roni.

Wisuda Baduta dinilai Roni efektif meningkatkan cakupan Imunisasi. Sebelum diadakannya wisuda Baduta, cakupan imunisasi dasar lengkap hanya 70 persen. Kemudian setelah diadakan wisuda cakupan imunisasi meningkat jadi 93 persen.

Baca juga: Ini Upaya Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan di Gorontalo

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya