57 Eks Pegawai KPK Belum Tentukan Sikap Usai Pertemuan dengan Polri 

Pertemuan hanya perkenalan hingga cerita soal TWK

Jakarta, IDM Times - Salah satu eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Farid Andhika mengatakan sembilan eks pegawai KPK termasuk dirinya yang ikut dalam pertemuan dengan Polri pada Senin (4/10/2021) belum menentukan sikap.

Pertemuan yang berlangsung 45 menit itu hanya pembahasan awal soal tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit yang ingin merekrut 57 eks pegawai KPK jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

“Pertemuan kemarin baru pertemuan awal sebagai tindak lanjut dari statement Pak Kapolri, dan belum ada pembahasan substantif,” kata Farid saat dihubungi, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: KPK Sebut 57 Pegawai yang Dipecat sebagai Orang Bebas

1. Perwakilan 57 eks pegawai KPK belum menentukan sikap dalam pertemuan

57 Eks Pegawai KPK Belum Tentukan Sikap Usai Pertemuan dengan Polri Novel Baswedan (kiri), Yudi Purnomo (tengah), Usman Hamid (kanan) datangi Gedung KPK bersama 57 Pegawai Nonaktif KPK pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Farid menjelaskan, pertemuan yang berlangsung bersama Asisten SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada beserta jajaran di Biro SDM Mabes Polri pada pukul 15.15 WIB itu belum membahas secara detail soal rekrutmen 57 eks pegawai KPK.

Ia menegaskan, dalam pertemuan tersebut, kesembilan perwakilan belum menyatakan sikap untuk menjadi ASN Polri.

“Terkait sikap rasanya sama dengan diatas, dan rasanya kami perlu tahu juga apakah ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Ombudsman, Komnasham dan putusan MA yang menyerahkan tindak lanjut TWK menjadi kewenangan Pemerintah,” ujar Farid.

Baca Juga: Polri Koordinasi dengan KemenPAN-RB Bahas Rekrutmen 57 Eks Pegawai KPK

2. Pertemuan hanya memperkenalkan diri dan cerita soal TWK

57 Eks Pegawai KPK Belum Tentukan Sikap Usai Pertemuan dengan Polri Pegawai nonaktif KPK lakukan aksi protes di depan Gedung KPK pada Rabu (15//9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Farid mengatakan, pertemuan tersebut hanya berisi perkenalan dan bertutur cerita soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Lebih dari itu, mereka tidak membahas secara spesifik soal rekrutmen 57 eks pegawai KPK.

“Lebih menertawakan diri sendiri aja disingkirkan melalui TWK. Kami sudah menyampaikan permintaan untuk audiensi, masih menunggu konfirmasi,” ujar Farid.

3. Polri klaim 57 eks pegawai KPK terima tawaran Kapolri

57 Eks Pegawai KPK Belum Tentukan Sikap Usai Pertemuan dengan Polri Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengklaim, 57 eks pegawai KPK menerima tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo untuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri.

“Bahwa dari perwakilan sudah (menerima), sudah diskusi. Dari sembilan orang tadi mengapresiasi apa yang menjadi harapan Kapolri,” kata Argo di Mabes Polri, Senin (4/10/2021).

Argo menjelaskan, sembilan orang perwakilan 57 eks pegawai KPK telah bertemu Asisten SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada beserta jajaran di Biro SDM Mabes Polri pada pukul 15.15 WIB.  

Mereka diundang Mabes Polri untuk mendiskusikan nasib mereka pasca tawaran Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo yang ingin 57 eks pegawai KPK ikut memperkuat kinerja Polri.

“Dalam pertemuan tersebut kita diakusi, kita juga dengarkan apa yang mereka sampaikan dan intinya bahwa pertemuan ini tidak hanya sekali ini, ini akan terus berlanjut,” ujar Argo.

Baca Juga: Tawaran ASN Polri Dinilai Bukti 56 Pegawai KPK Disingkirkan Pakai TWK

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya